Solusi Lain, Pelatih Bali United Siap Melatih Timnas Indonesia

Fauzi Handoko Arif Sabtu, 30 November 2019 | 18:00 WIB
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco saat memberikan keterangan pers, Kamis (12/9/2019). (MEDIA BHAYANGKARA FC)

BolaStylo.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menyatakan kesanggupannya menjadi pelatih timnas Indonesia apabila PSSI tertarik merekrutnya. Pasca pemecatan Simon McMenemy, PSSI gencar mencari pelatih baru timnas Indonesia. Saat ini terdapat dua kandidat yang diproyeksikan bakal menjadi pelatih timnas Indonesia. Dua kandidat tersebut yaitu Luis Milla dan Shin Tae-yong yang sebelumnya sudah melakukan presentasi mengenai programnya sebelum melatih skuad Garuda.

Baca Juga: Luis Suarez Tunjuk 3 Pemain Ini sebagai Penyerang Baru Barcelona

Luis Milla Bertemu dengan PSSI.
Namun, PSSI merasa kurang puas dengan hasil presentasi Luis Milla dan menilai Shin Tae-yang jauh lebih siap menjadi pelatih timnas Indonesia. Kendait demikian, kabarnya Shin Tae-yong sedang melakukan negosiasi juga dengan klub asal China. Apabila salah satu calon pelatih diatas gagal menangani timnas Indonesia, nampaknya PSSI tidak perlu repot mencari pelatih lain. Dikutip BolaStylo.com dari BolaSport.com dalam pemberitaan Tribun Bali, Stefano Cugurra telah menyatakan kesiapannya menjadi pelatih timnas Indonesia apabila diberi kesempatan.

Baca Juga: Media Asing Soroti Sikap Egy Maulana Terhadap Pemain Singapura yang Hajar KakinyaPelatih yang akrab disapa Teco ini memiliki kredibilitas yang mumpuni setelah tiga tahun berkarier sebagai pelatih klub Liga 1. Ia memiliki prestasi cemerlang seperti menjuarai Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta dan kini membawa Bali United di puncak klasemen sementara Liga 1 2019. Ketika ditanya perihal peluang menukangi timnas Indonesia, Teco mengaku sangat siap jika harus mengemban tugas tersebut."Saya pasti siap (ke timnas Indonesia), karena saya sudah kerja tiga tahun sebagai pelatih kepala di dua klub berbeda, Bali United dan Persija," ucap Teco tegas pada Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Hajar Kaki Egy Maulana, Pemain Singapura Banjir Dukungan

Pemain Bali United Paulo Sergio (depan) dan Stefano Lilipaly (belakang) merayakan gol timnya ke gawang Persib Bandung dalam laga pekan ke-29 Liga 1 2019 pada Kamis (28/11/2019) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
Menurut Teco, dirinya sudah memahami karakter semua pemain Indonesia yang pernah tampil di Liga 1 2019.Klaim itu datang dari pengalaman yang dimiliki pelatih yang sudah memulai kariernya di dunia sepak bola nasional sejak 2003."Saya tahu benar semua pemain yang ada dalam Liga 1 Indonesia, saya sudah paham semua pemain," kata Teco."Sejak awal karier sebagai pelatih fisik, lima tahun saya di Persebaya Surabaya dan bisa tiga kali juara di sana," tuturnya menambahkan.Kemudian, pelatih berusia 45 tahun ini menyebut satu keunggulan yang ia dimiliki dibanding Luis Milla dan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Dua Hal yang Buat Luis Milla Tertarik Kembali Latih Timnas IndonesiaKeunggulan tersebut sangat berguna untuk membantu melatih Indonesia. Menurut Teco, kemampuan dalam berbahasa Indonesia yang dimilikinya saat ini mampu mempermudah proses komunikasi yang efektif kepada para pemain. Alhasil strategi yang diterapkan dalam mudah diterima oleh para pemain Indonesia. "Saya bisa belajar bahasa Indonesia di sana (Persebaya), untuk komunikasi lancar dengan semua pemain," ujar Teco. Untuk diketahui, Teco hanya membutuhkan satu poin atau hasil imbang untuk memastikan Bali United juara Liga 1 2019. Bali United akan bertandang ke markas Semen Padang pada Senin (2/12/2019).

Artikel ini pernah dimuat BolaSport.com dengan judul Selain Luis Milla, Pelatih Ini Juga Siap Tukangi Timnas IndonesiaBaca Juga: Ancaman Pembunuhan Bikin Pemain Singapura Ini Minta Maaf ke Egy Maulala Vikri



Source : BolaSport.com
Penulis : Fauzi Handoko Arif
Editor : Aziz Gancar Widyamukti
Video Pilihan