Dua Kelebihan Pelatih Bali United Dibanding Luis Milla dan Shin Tae-yong

Fauzi Handoko Arif Sabtu, 30 November 2019 | 19:00 WIB
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. (BALIUTD.COM)

BolaStylo.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, ungkap satu kelebihan yang dimilikinya dibanding Shin Tae-yong dan Luis Milla jika melatih timnas Indonesia. PSSI saat ini sedang berusaha mencari pelatih timnas Indonesia baru pasca pemecatan Simon McMenemy. Sebelumnya PSSI melakukan pertemuan terhadap dua kandidat pelatih timnas Indonesia, Luis Milla dan Shin Tae-yong untuk melakukan presentasi. Presentasi yang dilakukan Luis Milla dan Shin Tae-yong tersebut bertujuan agar PSSI bisa mengetahui program kerja dua kandidat tersebut selama melatih Indonesia.

Baca Juga: SEA Games 2019 - Jelang Lawan Timnas U-22 Indonesia, Vietnam Dapat Kabar Buruk

Luis Milla Bertemu dengan PSSI.

Kendati demikian, kabarnya PSSI merasa kurang puas dengan hasil presentasi Luis Milla. Sedangkan, kabarnya Shin Tae-yong sedang melakukan negosiasi juga dengan klub asal China. Apabila salah satu calon pelatih diatas gagal menangani Indonesia, maka PSSI tidak perlu repot mencari pelatih lain. Dilansir BolaStylo.com dari BolaSport dalam pemberitaan Tribun Bali, kabarnya Stefano Cugurra menyatakan berkenan menjadi pelatih timnas Indonesia.

Baca Juga: Luis Suarez Tunjuk 3 Pemain Ini sebagai Penyerang Baru BarcelonaPelatih yang akrab disapa Teco ini memiliki kredibilitas yang mumpuni setelah tiga tahun berkarier sebagai pelatih klub Liga Indonesia. Ia memiliki prestasi cemerlang seperti menjuarai Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta dan mengantarkan Bali United sebagai pemuncak klasemen Liga 1 2019. Kemudian pelatih berusia 45 tahun ini menyebut satu keunggulan yang dimiliki dibanding Luis Milla dan Shin Tae-yong.Keunggulan tersebut sangat berguna untuk membantu melatih Indonesia.

Baca Juga: Media Asing Soroti Sikap Egy Maulana Terhadap Pemain Singapura yang Hajar KakinyaMenurut Teco, kemampuan dalam berbahasa Indonesia yang dimilikinya saat ini mampu mempermudah proses komunikasi yang efektif kepada para pemain. Alhasil strategi yang diterapkan dalam mudah diterima oleh para pemain Indonesia. "Saya bisa belajar bahasa Indonesia di sana (Persebaya), untuk komunikasi lancar dengan semua pemain," ujar Teco. Selain itu, kelebihan kedua yang dimiliki Teco bisa menjadi pertimbangan PSSI untuk mencari pelatih selain Shin Tae-yong dan Luis Milla.

Baca Juga: Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Hajar Kaki Egy Maulana, Pemain Singapura Banjir Dukungan

Teco mendapat kejutan tidak terduga dari pemain dan staf ofisial tim.

Menurut Teco, dirinya sudah memahami karakter semua pemain Indonesia yang pernah tampil di Liga 1 2019.Klaim itu datang dari pengalaman yang dimiliki pelatih yang sudah memulai kariernya di dunia sepak bola nasional sejak 2003."Saya tahu benar semua pemain yang ada dalam Liga 1 Indonesia, saya sudah paham semua pemain," kata Teco."Sejak awal karier sebagai pelatih fisik, lima tahun saya di Persebaya Surabaya dan bisa tiga kali juara di sana," tuturnya menambahkan.Sebelumnya saat ditanya perihal peluang menukangi timnas Indonesia, Teco mengaku sangat siap jika harus mengemban tugas tersebut.

Baca Juga: Dua Hal yang Buat Luis Milla Tertarik Kembali Latih Timnas Indonesia"Saya pasti siap (ke timnas Indonesia), karena saya sudah kerja tiga tahun sebagai pelatih kepala di dua klub berbeda, Bali United dan Persija," ucap Teco.Kini tinggal menunggu informasi lanjutan dari PSSI tentang lowongan jabatan melatih timnas Indonesia. Teco juga masih memiliki kontrak di Bali United sampai Desember 2020. Artinya Teco masih menyisakan satu tahun kontrak bersama Bali United.

 
 



Source : BolaSport.com
Penulis : Fauzi Handoko Arif
Editor : Aziz Gancar Widyamukti
Video Pilihan