Lakukan Hal Ini Agar Kesehatan Anak Terlindungi di Masa Pandemi

Sumakwan Wikie Riaja Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:30 WIB
Cara Menjaga Mental dan Fisik Anak di Masa Pandemi (istock)

BolaStylo.com - Tingkat penularan virus covid-19 di Indonesia cukup luas meski sudah berjalan satu tahun lebih. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini mengharuskan sebagian besar masyarakat melakukan kegiatan dari rumah.Hal itu dilakukan untuk dapat menghindari kerumunan dan mengurangi tingkat penularan kasus covid-19.Namun pada saat di rumah, perasaan bosan akan selalu menghampiri lantaran kebiasaan kegiatan di luar rumah yang padat.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Air Rebusan Daun Belimbing Wuluh Nyatanya Kaya ManfaatApalagi masa pandemi jelas membuat kegiatan anak-anak di luar rumah tertutup rapat.Tapi hal itu akan berdampak buruk pada peran penting kekebalan tubuh anak.Sebab, anak perlu untuk melakukan eksplorasi guna mencukupi kebutuhan energi seperti menggerakan tubuh dan pikiran.Akan tetapi tak perlu khawatir, karenahal itu dapat kondisikan dengan tingkat nutrisi makanan pada anak yang tercukupi.

Baca Juga: Alasan Minum Air Rebusan Lemon Sebelum Tidur Bagus Dicoba saat PandemiPasalnya, kandungan makanan disinyalir mempengaruhi pencernaan pada anak.Pencernaan yang sehat dapat mempengaruhi jalannya kinerja otak pada anak.Menurut dr. Muliaman Mansyur, pakar kesehatan dari KALBE Nutritionals menjelaskan jika pencernaan merupakan hal terpenting yang harus dijaga.

Tips Jaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi
"Bahkan ada yang menyebut usus adalah organ kedua terpenting manusia setelah otak," kata dr. Muliaman Mansyur.

Baca Juga: Hindari Jenis Makanan Ini Sebelum Tidur, Bahayanya Kelewatan!Selain mampu menyerap gizi, pencernaan yang baik juga dapat menentukan komunikasi dua arah dengan otak.Seperti pada penyebutan gut-brain axis yang memiliki sistem kerja otak dengan kebutuhan nutrisi sehingga diserap oleh sistem pencernaan.Terutama hal ini sangat mempengaruhi tiga sistem utama tubuh manusia yakni sistem saraf, sistem imun, dan sistem hormon.Untuk melengkapi dampak kesehatan tersebut pada anak, orang tua sangat disankan untuk memberikan asupan nutrisi harian seperti nutrisi mikro (vitamin dan mineral) dan nutrisi harian berupa nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak).

Baca Juga: OMG! Temukan Khasiat Masker Tomat Dalam Merawat Kesehatan Kulit WajahTujuannya jelas yakni untuk membangun sistem imun pada tubuh.

Orangtua perlu memperhatikan makanan anak-anak yang lebih sehat.
Di lain sisi, dr. Muliaman juga menjelaskan asupan prebiotik dan probiotik juga sangat mempengaruhi daya tahan tubuh."Lengkapi juga dengan nutrisi tambahan yang tepat agar meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik," ucapnya.Adapun penjelasan mengenai prebiotik ialah sumber makanan dari jenis serat pangan sebagau bahan makanan probiotik yang merupakan jenis bakteri yang hidup dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Hobi Makan Junkfood, Eden Hazard Gagal Ikuti Diet Brilian Lionel MessiHal itu bertujuan untuk melancarkan pencernaan anak dan mencegah masalah sembelit.Perlu diperhatikan untuk pemberian probiotik pada anak tetap memerlukan konsultasi dengan dokter guna mendapatkan hasil yang maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : kompas health
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan