Sering Alami Bibir Pecah-Pecah? Ternyata Bahayanya Kelewatan

Sumakwan Wikie Riaja Rabu, 15 September 2021 | 16:41 WIB
Ilustrasi bibir pecah-pecah. (Freepik)

BolaStylo.com - Bibir pecah-pecah biasanya muncul saat tubuh kekurangan air, namun jauh lebih dari itu dapat beresiko menimbulkan penyakit berbahaya.Tak jarang seseorang mendapati bibir kering hingga pecah-pecah dan terasa perih, tentu hal itu disebabkan oleh berbagai faktor terutama kekurang asupan air dalam tubuh.Selain itu kebiasaan menggigit bibir juga dapat mengakibatkan pecah-pecah.

Kekurangan cairan pada tubuh membuat fungsi kelenjar pada bibir dan bagian tubuh lainnya menjadi terhambat.Sehingga mengakibatkan bibir atau bagian tubuh lain menjadi kering.Selain itu kebiasaan menggigit bibir juga dapat mengakibatkan pecah-pecah.

Namun jauh dari itu semua, ternyata bibir pecah-pecah juga disinyalir munculnya penyakit berbahaya.

Baca Juga: Langsung Bugar di Pagi Hari! Ini Cara Mudah Buang Racun dari Dalam Tubuh

Nah, berikut penyakit berbahaya yang ditandai dari munculnya bibir pecah-pecah.DehidrasiSudah bukan rahasia lagi jika tubuh kekurangan asupan air dapat memunculkan gejala yang berbahaya.Pasalnya, kondisi ini tentu dapat mengakibatkan gejala sakit kepala, konstipasi serta berkurangnya produksi urine.Namun yang jelas kondisi tersebut sering disebut dehdrasi.Di mana saat tubuh benar-benar kekurangan cairan maka tidak akan berfungsi secara normal.Selain itu, dehidrasi biasanya dapat mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya seperti tekanan darah rendah dan jantung.

Baca Juga: Stop Makan Mangga Berlebihan! Apalagi Jika Punya Kondisi Ini, Bahayanya MengerikanMalnutrisiMalnutrisi juga merupakan salah satu faktor munculnya bibir pecah-pecah.Naasnya, bibir pecah-pecah karena malnutrisi dapat menimbulkan penyakit berbahaya.Seperti gejela otot melemah, pembusukan gigi, perut kembung dan kerapuhan tulang.Selain itu, terkadang bibir pecah-pecah bisa menandakan bahwa Anda sedang kekurangan vitamin.

Baca Juga: Rajin Olahraga Bisa Bikin Kecanduan! Bahaya Mematikan Menanti di Hari TuaHal ini disebabkan bahwa Anda kekurangan vitamin A dan B terutama B2, B6, dan asam folat.Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A dan B.Cheilitis

Salah satu gejala berbahaya dari munculnya bibir pecah-pecah ialah cheilitis.Cheilitis merupakan radang yang timbul disekitar sudut bibir.Biasanya gejala tersebut ditandai dengan pembengkakan dan bercak merah.Nah, pastinya gejala tersebut muncul akibat kurangnya merawat kesehatan bibir.

Baca Juga: Terlalu Sangar, Cristiano Ronaldo Bikin Pemain Man United Takut Konsumsi Makanan IniSerta lebih baik mengonsutasikan hal tersebut dengan dokter.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : NOVA
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan