Geger Permasalahan Hawk-Eye Laga Marcus/Kevin, BWF Angkat Bicara!

Sumakwan Wikie Riaja Minggu, 21 November 2021 | 12:42 WIB
Aksi Marcus Gideon/Kevin Sanjaya ketika mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di semifinal Indonesia Masters 2021. (Humas PP PBSI)

BolaStylo.com - Federasi bulu tangkis dunia, BWF memberikan klarifikasi atas kesalahan Hawk-Eye yang merugikan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo baru-baru ini merasa dirugikan atas kesalahan penilaian Hawk-Eye.Kabar tersebut datang saat laga semifinal Indonesia Masters 2021, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi pada Sabtu (20/11/2021).Pasalnya, kesalahan tersebut mengakibatkan pasangan nomor satu dunia itu kalah di gim pertama dengan skor 18-21.

Baca Juga: Indonesia Masters 2021 - Jaga Martabat Tanah Air, Minions Siap Libas Jepang!Kejadian ini bermula ketika Minions tertinggal dengan skor 18-20 dari pasangan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.Awalnya, Ong Yew Sin melakukan servis kepada Marcus Fernaldi Gideon namun shuttlecock dinyatakan out oleh hakim garis.Tapi pasangan Malaysia saat itu meminta challenge dan Hawk-Eye menunjukan jika shuttlecock mereka in atau masih mengenai garis.

Padahal, beradasarkan beberapa tangkapan layar dan video yang tersebar di internet shuttlecock jelas out.Usai laga berakhir, Kevin Sanjaya yang menjadi korban insiden tersebut pun mengkritik keras insiden tersebut.

Baca Juga: Indonesia Masters 2021 - Kalah Dramatis, Wakil Jepang Curhat Begini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FOLKATIVE™ (@folkative)

"Itu seribu persen salah, ada yang error. Keluarnya jauh sekali (dari garis), tapi dihitung poin.""Padahal lawannya saja mengakui itu, mereka mengaku ke saya kalau itu salah.""Pas tadi wasit memutuskan challange pun agak lama, itu sudah aneh menurut saya," ucap Kevin dikutip BolaStylo dari Antara.Meski sempat menderita kerugian di gim pertama, Marcus/Kevin berhasil meraih kemenangan di gim kedua dan ketiga.

Baca Juga: Indonesia Masters 2021 - Final Tunggal Putri, Kisah Klasik Rival AbadiMinons pun kini berhasil menjadi wakil Indonesia itu berhasil melaju ke babak final Indonesia Masters 2021 dengan perolehan skor 18-21, 21-17, 21-11 atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Baca Juga: Indonesia Masters 2021 - Ganda Putra Sangar Taiwan di Mata Herry IPAtas kesalahan Hawk-Eye pada laga tersebut, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pun memberikan klarifikasi dan menyampaikan penjelasan terkait insiden tersebut. "Semua pihak yang terlibat mengakui adanya operasioanal yang dihasilkan oleh Hawk-Eye Innovations, sehingga berujung pada kesalahan tampilan data dari rekaman gambar yang telah diperika," tulis BWF pada laman resminya.Tak hanya BWF, pihak Hawk-Eye Innovations pun ikut mengucapkan permintaan maaf atas kesalahan yang sudah dilakukan."Kami menanggapi kejadian ini dengan sangat serius dan akan melakukan peninjauan penuh untuk memastikan hal ini tidak akan kembali terulan," bunyi permintaan maaf Hawk-Eye.

Baca Juga: Indonesia Masters 2021 - Aksi Kocak Sahabat Greysia/Apryani Ini Bikin Netizen Salfok!

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : Antara,Instagram,BWF Tournament Software
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan