AFF 2020 - Mantan Pemain Timnas Buka Suara Jelang Derbi Melayu: Adu Taktik Antar Pelatih!

Sumakwan Wikie Riaja Minggu, 19 Desember 2021 | 15:34 WIB
Kurniawan Dwi Yulianto saat bermain bagi Timnas Indonesia. (AFFSUZUKICUP.COM)

BolaStylo.com - Mantan pemain Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto memberikan sederet komentarnya jelang pertandingan Derbi Melayu, Indonesia vs Malaysia.Laga terakhir Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia yang digelar di Bishan Stadium pada Minggu (19/12/2021) malam WIB itu bakal menjadi laga akbar kedua negara.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2021 - Tak Diunggulkan, Next Taufik Hidayat Ini Lukis Rekor Gemilang

Mengingat, laga kali ini akan menjadi penentun nasib Evan Dimas dkk dalam perebutan tiket ke semifinal Piala AFF 2020.

Indonesia hanya butuh minimal mengakhiri laga dengan hasil imbang dan otomatis akan mendapatkan tiket semifinal.Sedangkan Malaysia, kemenangan merupakan harga mati yang wajib diraih mereka jika ingin lolos.Melihat sengitnya Derbi Melayu kali ini, mantan sepak bola nasional Kurniawan Dwi Yulianto pun angkat bicara.

Kurniawan menilai jika juru taktik antar kedua negara akan bertarung sengit dalam meluncurkan strategi-strateginya.

Baca Juga: AFF 2020 - Jelang Timnas Lawan Malaysia, Sang Kiper Malah Bocorkan Ini"Ini akan menjadi pertandingan menarik karena kedua tim sama-sama memerlukan poin untuk lolos ke babak semifinal," ucap Kurniawan dikutip BolaStylo dari Kompas.com"Ini menjadi adu taktik antara kedua head coach," tuturnya.Sebagai mantan pemain Timnas, Kurniawan melihat pertandingan Derbi Melayu kali ini merupakan momentum besar bagi Indonesia.Apalagi dirinya melihat jika Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk berlaga di babak semifinal Piala AFF 2020.

Baca Juga: AFF 2020 - Aktivitas Elkan di Karantina Terbongkar, Punya Trik Jitu Ciutkan Malaysia"Semoga para pemain bisa menerjemahkan apa yang diinginkan coach Shin Tae-yong dan bisa memenangkan pertandingan atau minimal seri sehingga bisa lolos ke babak semifinal," tegasnya.Sementara itu, Kurniawan sendiri memiliki memori manis bersama Timnas Indonesia di tahun 2004 saat dirinya mampu mengantarkan skuad garuda lewat comeback fenomenalnya.Di mana pada leg pertama, skuad Garuda tertinggal 1-2 dari Malaysia.

Baca Juga: Teka-Teki Pengganti Wander Luiz, Petinggi Maung Bandung: Kalian Sudah TahuNamun pada leg kedua, Kurniawan dkk mampu menorehkan empat gol dan kebobolan satu gol sehingga Indonesia menang dengan agregat 5-3 atas Malaysia.

Meski begitu, kurniawan menuturkan jika semua lawan dianggapnya sama dan tidak ada pengecualian khusus untuk Malaysia."Rasanya sama saja karena kami anggap lawan sama saja. Sebenarnya kami di lapangan tidak perasa laga panas, beda kaos tim ya lawan," imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : Kompas.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan