Lika-Liku Shin Tae-yong Bersama Timnas, Mulai Pemain yang Malas Hingga Jadi Ganas!

Sumakwan Wikie Riaja Minggu, 9 Januari 2022 | 08:33 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), nampak sedang menyambangi para pemainnya dalam acara pelepasan skuat Garuda di Hotel Sultan, Jakarta, 6 Januari 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BolaStylo.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan lika-liku perjalanannya bersama skuad Garuda hingga saat ini.Sosok pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dinilai sukses mencuri hati penikmat sepak bola tanah air.Di mana sejak kedatangannya ke Indonesia pada tahun 2019 akhir, Shin berhasil membuat Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan.Apalagi, Shin baru-baru ini berhasil kembali mengantarkan Timnas Indonesia melaju hingga babak final Piala AFF 2020.

Baca Juga: Bakal Berpisah dengan Pratama Arhan, Petinggi PSIS: Menyakitkan Tapi Membanggakan!

Hal itu pun membuat skuad muda yang diracik Shin Tae-yong pun berhasil menjadi buah bibir di kalangan penggemar sepak bola ASEAN.Sudah dua tahun bersama Timnas Indonesia, Shin tampak menceritakan lika-liku dan perbedaan kebiasaan sepak bola di negaranya dan Indonesia.Dilansir dari BolaSport.com, Shin Tae-yong mengungkapkan jika beberapa kendala dalm melatih Witan Sulaeman dkk ada pada pola hidup pemain."Yang paling sulit adalah mengubah gaya hidup yang ada di Indonesia."

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Witan Sulaeman Soal Jemputan Pick Up: Sudah Biasa!

"Dari segi perbedaan budaya, banyak yang harus saya ikuti untuk memahami mereka.""Ada juga kendala bahasa yang bisa membuat timbulnya kesalahpahaman." kata Shin.Mulanya, Shin melihat jika para pemain Timnas terlihat santai untuk memasuki lapangan latihan.

Prediksi pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2021 antara timnas Indonesia vs Singapura.
Hal ini tentu berbeda dengan Korea Selatan, yang mana pemainnya sangat antusias untuk menjalani latihan.

Baca Juga: Tamparan Keras untuk Pemain Man United, Ralf Rangnick Ultimatumkan Hal Penting ini

"Kalau masuk ke stadion, para pemain di sini tidak langsung cepat-cepat sementara kalau kami pasti sudah disuruh cepat-cepat.""Kalau mereka keluar dari bus masuk ke lapangan itu memakan waktu sekitar 10 menit, sementara kami staf pelatih dari bus ke lapangan hanya 1-2 menit saja.""Jadi kami berdiri menunggu pemain datang," tutur Shin.Pelatih 52 tahun itu pun mulai melakukan gebrakan baru untuk merubah pola perilaku para pemain Timnas.

Baca Juga: Kapten Timnas Beri Masukkan Pemain Lokal yang Ingin ke Luar Negeri: Jangan Ditolak!

"Mereka juga masih pada duduk mengobrol dan terlihat tidak berniat ke lapangan.""Mereka terus saja mengobrol sambil mengikat tali sepatu," tegasnya."Menurut saya tidak bisa terus seperti itu. Jadi saya pikir itu harus diubah. Mengubah hal itu jadi hal yang harus saya lakukan," pungkasnya.Terbukti, sejak ditangani Shin Tae-yong para pemain muda Indonesia kini terkena dampaknya.

Baca Juga: Sempat Disinggung Soal Ruang Ganti Stadion Ngurah Rai, Kini Petinggi Persib Buka Suara

Meski sempat mengalami beberapa kendala terkait pola hidup dan kebiasaan para pemainnya, Shin berhasil sedikit demi sedikit membangun pondasi Timnas Indonesia yang menjanjikan.

Buktinya, permainan Timnas Indonesia kini mulai diakui oleh beberapa pemerhati sepak bola di Asia Tenggara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : BolaSport.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan