Didikan Shin Tae-yong Membekas dalam Pikiran Pemain Ini! Disiplinya Bukan Main

Sumakwan Wikie Riaja Senin, 10 Januari 2022 | 17:00 WIB
Striker Timnas Indonesia Ezra Walian dipeluk Ramai Rumakiek seusai membobol gawang Singapura dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (PSSI.ORG)

BolaStylo.com - Pemain Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek memberikan kesannya yang membekas terhadap didikan Shin Tae-yong.Usai gelaran Piala AFF 2020 berakhir, sederet pemain dan pelatih Timnas Indonesia memang jadi buah bibir masyarakat.Sebut saja nama Pelatih Shin Tae-yong, kemudian para pemain Timnas seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Ramai Rumakiek jadi pusat primadona pendukung Garuda.Selain para pendukung, pemain Timnas Indonesia juga merasakan atmosfer berbeda ketika dilatih oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pecundangi Lazio, Inter Milan Sudah Ditunggu Lawan Berat dalam Seminggu ke Depan!

Salah satu contohnya yakni Ramai Rumakiek yang sangat terkesan akan didikan pelatih asal Korea Selatan itu."Coach Shin Tae-yong orangnya sangat tegas dan disiplin dalam memimpin latihan. ""Jam latihan, makan, dan meeting harus tepat waktu," ucap Ramai sebagaimana dilansir dari kanal YouTube PSSI.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), sedang memberikan keterangan kepada awak media di Hotel Sultan, Jakarta, 6 Januari 2022.
"Cara latihan coach berbeda sekali dari klub, di sini latihannya lebih fight, disiplin posisi, dan cukup berat," katanya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Rela Tak Pulang ke Korea, Demi Cari Pemain Timnas ke Daerah Ini!

"Pelajaran yang saya ambil dari coach adalah beliau orang yang tegas kepada pemain-pemainnya," jelasnya.Adapun debut perdana Ramai bersama Timnas Indonesia, kala dipanggil Shin Tae-yong saat pertandingan playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, 7 Oktober 2021.Debut perdana Ramai berbuah manis dengan mencetak satu gol bagi Timnas Indonesia yang berhasil menaklukkan Taiwan dengan skor 3-0.Dilansir dari Kompas.com, pemain 19 tahun itu juga menceritakan kisah perjuangan Indonesia saat menjamu Thailand di leg 2 Final Piala AFF 2020.

Baca Juga: Kabar Bahagia, Satu Pemain Indonesia Berkesempatan Main di Liga Champions Eropa!

Kala itu, Shin Tae-yong mempercayakan Ramai Rumakiek untuk tampil sebagai starter."Saya tidak memikirkan line up untuk pertandingan tadi malam (final leg kedua), ragu tidak dikasih main.""Dalam hati saya pikir tidak apa-apa, mungkin lain waktu," tutur Ramai."Lalu, Shin Tae-yong mempercayakan saya main, saya sedikit terbebani dan gugup saat masuk ke lapangan," imbuhnya.

Baca Juga: Rans Cilegon Dekati Mesut Ozil, Apakah Gajinya Bikin Raffi Ahmad Pusing?

"Untung saja tidak banyak penonton. Setelah main, kami bikin gol cepat, jadi tambah semangat dan mental tambah kuat," pungkasnya.Sayang, aksi Timnas Indonesia belum beruntung untuk merengkuh juara Piala AFF 2020.Namun perjuangan seluruh pemain Garuda patut diacungi jempol.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : Kompas.com,YouTube PSSI
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan