Raja Bulu Tangkis Malaysia Sudah Kepikiran Mau Keluar Pelatnas Tahun Lalu!

Sumakwan Wikie Riaja Kamis, 27 Januari 2022 | 14:02 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, pada BWF World Tour Finals 2021 di Bali International Convention Centre, Nusa Dua. (HUMAS PP PBSI)

BolaStylo.com - Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia mengaku sudah ingin keluar pelatihan nasional sejak tahun 2021 lalu dan baru kini terjadi.Lee Zii Jia Sempat menggemparkan dunia bulu tangkis atas keputusan besarnya keluar dari Pelatihan Nasional Malaysia (BAM).Keputusan itu diambil demi menempuh jalur profesional atau indepen dalam melanjutkan karir bulu tangkisnya lagi.Hal itu terjadi usai Zii Jia merasa performanya tidak konsisten di awal Januari 2021 lalu.

Baca Juga: Laga Terakhir Timnas Wanita Indonesia Bakal Lakukan Hal Mengejutkan Ini Kontra Filipina

"Saya bertanya kepada diri sendiri, apakah ini akhir? Tetapi, pelatih saya mengatakan kepadaku bahwa ini adalah proses yang harus saya lalui," kata Zii Jia sebagaimana dilansir dari BolaSport.com"Kemudian saya membuat keputusan akhir untuk keluar dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) setelah perjalanan kami ke Eropa akhir tahun lalu."Dilansir dari Kompas.com, peraih gelar All England 2021 itu ingin membentuk tim sendiri.Meski berstatus bukan sebagai pemain pelatnas, Zii Jia memiliki komitmen untuk dapat membela Malaysia di level internasional.

Baca Juga: Pelatih Timor Leste Akui Kompetisi Liga Indonesia Kuat dan Ungkap Fakta Tak Terduga Ini

"Saat saya mengajukan surat pengunduran diri (ke BAM), saya siap menghadapi skenario terburuk tidak boleh bermain selama dua tahun," ujarnya."Tetapi saya tidak pernah berpikir untuk mengubah status kewarganegaraan saya atau pergi ke luar negeri."Semula, keputusan hengkangnya Zii Jia dari pelatihan nasional bulu tangkis Malaysia (BAM) diwarnai polemik dan konflik.BAM Bahkan sampai memberi hukuman kepada Lee Zii Jia untuk tidak dapat bermain lagi selama dua tahun di level internasional.

Baca Juga: Pelatih Persita Kecewa Usai Takluk dari Persija, Anak Didiknya: Kurang Beruntung

Tetapi, baru-baru ini presiden BAM Tan Sri Mohamad Norza Zakaria pada Selasa, 25 Januari, memberi Lee Zii Jia lampu hijau untuk bermain secara mandiri.Hal itu terjadi usai pertemuan Zii Jia dengan menteri pemuda dan olahraga Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : Kompas.com,BolaSport.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan