Kualifikasi Piala Asia 2023 - Dilanda Badai Corona, Malaysa Ogah Lepas Status Tuan Rumah

Sumakwan Wikie Riaja Sabtu, 26 Februari 2022 | 14:30 WIB
Hasil drawing Kualifikasi Piala Asia 2023, di Markas AF, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (24/2/2022), menempatkan Timnas Malaysia dan Timnas Indonesia ke grup sangat berat. (TWITTER.COM/AFCASIANCUP)

BolaStylo.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu mengaku tidak ingin menyerah sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023.Malaysia menjadi satu dari enam tim lainnya yang akan menjadi tuan rumah ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.Kelima tuan rumah lainnya yakni Kuwait (Grup A), Mongolia (B), Uzbekistan (C), India (D), dan Kirgistan (F).Malaysia sendiri tergabung ke dalam grup E bersama Bahrain Turkmehnistan, dan Bangladesh.

Baca Juga: Menunggu Jejak Pratama Arhan Bersama Tokyo Verdy, Tim Nantikan Hal Ini!

Meski sudah ditetapkan sebagai tuan rumah grup E, Malaysia kini terancam batal menyelenggarakan pertandingan tersebut. Di mana, negeri Jiran itu tengah diterpa badai virus corona (covid-19) dengan angka yang fantastis.Dilansir dari BolaSport.com, korban positif covid-19 Malaysia per dua hari saja bisa menembus 30.000 orang.Apalagi tetangga Indonesia itu telah menetapkan 32.070 penambahan kasus positif Covid-19 per Jumat (25/2/2022).

Baca Juga: Piala AFF U-23 2022 - Indonesia Bakal Tidak Spesial Lagi Jika Vietnam Jadi Juara!

Terkait masalah tersebut, ancaman pembatalan tuan rumah grup E Kualifikasi Piala Asia 2023 bisa saja terjadi.Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu angkat bicara dan tetap kekeh menjadi tuan rumah.Baginya, Malaysia belum menyatakan mundur sebagai tuan rumah meski badai virus corona tengah melanda."Tidak ada yang berubah saat ini. FAM akan menjadi penyelenggara sementara kementerian akan memberikan dukungan, sehingga kualifikasi akan berjalan sesuai rencana," kata Ahmad Faizal.

Baca Juga: Heboh Kabar Pensiun Cristiano Ronaldo Terungkap! Begini Katanya

"Kami belum membahas apa-apa tentang itu (kemungkinan menyerahkan hak hosting), saya tidak menyembunyikan apa pun.""Kami memiliki SOP (standar operasional prosedur) yang ketat untuk menjalankannya."Bahkan Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu mengaku bahwa negaranya mampu mengendalikan situasi buruk ini."Untuk saat ini, mari kita berdoa saja agar kasus Covid dapat dikendalikan," jelasnya.

Baca Juga: Dua Wonderkid Timnas ke Korea, Shin Tae-yong Tak Main-Main di Piala Dunia U-20 2023!

Sama seperti pernyataan Menpora Malaysia, Wakil presiden FAM, Datuk Yusoff Mahadi juga mengeluarkan statement yang serupa.Apalagi status tuan rumah sangat bisa menguntungkan Malaysia untuk menjadi juara grup E."Kami harus memaksimalkan bermain di kandang dan mengubahnya menjadi keuntungan kami," tegas Yusoff Mahadi.Berdasarkan jadwal, Malaysia akan menjadi venue pertandingan kualifikasi grup E mulai dari 6 hingga 14 Juni 2022 ini.

Baca Juga: German Open 2022 - Pasangan Indonesia Ini Tak Targetkan Juara!

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : BolaSport.com,New Strait Times
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan