Piala AFF U-16 Indonesia - Pelatih Vietnam Ungkap Dosa Besar Wasit di Matanya

Sumakwan Wikie Riaja Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:32 WIB
Pelatih Timnas U-16 Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, dalam sesi konferensi pers seusai melawan Indonesia, Sabtu (6/8/2022). (BOLASPORT.COM/SASONGKO DWI SAPUTRO)

BOLASTYLO.COM - Pelatih timnas U-16 Vietnam, Nguyen Quoc Tuan memberikan sederet komentar setelah timnya tumbang di tangan Indonesia.Timnas Vietnam U-16 baru saja menelan kekalahan di laga penutup babak penyisihan grup A Piala AFF U-16 2022.Bertanding di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (6/8/2022), Timnas U-16 Vietnam harus menelan pil pahit ditumbangkan Indonesia.Vietnam sejatinya menjadi yang pertaam mencetak gol dalam pertandingan tersebut lewat penalti Nguyen Chong Puong pada menit ke-41'.Namun sayang, Timnas U-16 Vietnam diterjang mimpi buruk pada paruh babak kedua.

Baca Juga: Naas! Persebaya Surabaya Alami Nasib Sial Ini Jelang Laga Pekan Ketiga Musim Ini

Pasalnya, Indonesia memborong gawang mereka dengan dua gol Indonesia yang dilesatkan Arkhan Kaka Putra (51') dan Muhammad Nabil Asyura (55') yang membuat Vietnam tertinggal.

Hingga wasit meniupkan pluit tanda berakhirnya laga, Vietnam tidak mampu melsatkan gol penyeimbang dan berakhir tumbang di tangan Indonesia.Alhasil, Timnas U-16 Vietnam berakhir ngenes dengan mengakhiri babak penyisihan grup A Piala AFF U-16 2022 di posisi kedua.

Mereka hanya berhasil mengemas 6 poin yang didapat dari dua kemenangan dan satu kekalahan selama pergulatan fase grup.

Sedangkan Timnas U-16 Indonesia berhasil lolos ke babak selanjutnya dengan keluar sebagai pemuncak grup A.

Para pemain Timnas U-16 Vietnam melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-16 Singapura pada laga penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022, Minggu (31/7/2022).
Selepas pertandingan berakhir, Nguyen Quoc Tuan (pelatih Vietnam) angkat bicara soal kekalahan anak didiknya.Nguyen Quoc Tuan awalnya mengucapkan selamat pada Indonesia, meski kemudian mengakui jika anak asuhnya bermain di bawah tekanan.

Baca Juga: Latihan Timnas U-16 Singapura Sempat Diselimuti Tawuran Mahasiswa: Tak Jadi Masalah!

"Selamat untuk Indonesia atas kemenangan yang mereka raih.""Kami sudah berjuang di bawah tekanan fans tuan rumah," ucap Nguyen Quoc Tuan dilansir dari BolaSport.com.Nguyen Quoc Tuan juga mengeluhkan perihal keputusan wasit yang dinilai merugikan timnya.Terlebih saat Timnas U-16 Vietnam mendapatkan gol kedua melalui Phan Thanh Duc Thien di sekitar menit ke-87' yang kemudian dianulir wasit.

Keputusan itu diambil wasit karena menilai Phan Thanh Duc Thien sudah lebih dulu melanggar kiper Timnas U-16 Indonesia."Ada beberapa keputusan wasit yang tidak bagus.""Wasit tidak mengesahkan gol kami," tutur Nguyen Quoc Tuan."Ketika kami mendapatkan keuntungan, wasit sering meniup peluit sehingga kami kehilangan kesempatan (menguasai bola)," ungkapnya.

Baca Juga: Fadia/Ribka Curi Start Lebih Awal dalam Persiapan Kejuaraan Dunia 2022

Terlepas dari itu, Vietnam sendiri masih memiliki peluang untuk lolos ke babak berikutnya menyusul Indonesia meski cukup tipis.

Nasib Vietnam kini bergantung pada hasil laga terakhir di grup C, jika Malaysia dan Myanmar sama-sama memenangi laga terakhirnya, maka skuad asuhan Nguyen Quoc Tuan dipastikan gagal.

Tapi, jika hasilnya berbeda masih ada peluang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : BolaSport.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan