Eks Pemain Real Madrid Akui Lionel Messi Itu Jenius Kalau Ronaldo Merupakan Sosok Seperti Ini di Matanya

Ananda Lathifah Rozalina Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (BT SPORT)

BOLASTYLO.COM - Eks pemain Real Madrid, Jorge Valdano mengungkapkan pendapatnya terkait dua pesepak bola ternama dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang menjadi ikon sepak bola dalam satu dekade terakhir.

Saat masih sama-sama bermain di La Liga, persaingan dua pesepak bola itu tak hanya soal prestasi klub tapi juga prestasi individu.

Sederet penghargaan dan piala sudah mereka koleksi, tak heran keduanya dinobatkan sebagai megabintang dunia sepak bola.

Meski sama-sama memiliki nama besar, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo rupanya memiliki imej yang berbeda di mata eks pemain Real Madrid Jorge Valdano.

Pesepak bola yang pernah membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia itu mendeskripsikan Lionel Messi sebagai seorang jenius sedangkan Cristiano Ronaldo adalah sebuah fenomena.

Berbeda dengan Messi yang lahir dengan segala bakat yang dimilikinya, Ronaldo adalah sosok yang terus membangun dan mengembangkan dirinya.

Baca Juga: Kelepasan Ngomong Kasar, Erling Haaland Sampai Diperingatkan Reporter Saat Wawancara

Ia pada akhirnya bahkan mampu mencuri beberapa gelar Ballon d'Or dari Lionel Messi yang notabennye seorang jenius.

"Cristiano Ronaldo adalah sebuah fenomen. Dia seperti terlihat seperti penurunan dibandingkan dengan Messi yang saya definisikan sebagai seorang jenius. Tapi hati-hati, karena kadang-kadang sebuah fenomena memiliki lebih banyak kelebihan daripada seorang jenius," tuturnya pada Tyc Sports.

"Jenius lahir dan fenomena berkembang. Cristiano bahkan telah membangun dirinya dengan tubuh baru, dia memiliki banyak prestasi atas apa yang telah dia lakukan, dan dia telah mengambil beberapa penghargaan Ballon d'Or dari sang jenius," jelasnya.

Seperti kata Valdano, Ronaldodan Messi memang bersaing ketat dalam perebutan trofi Ballon d'Or di era keemasan mereka.

Messi saat ini tercatat memiliki 7 trofi Ballon d'Or yang didapatnya pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021, sementara Ronaldo telah mengoleksi 5 trofi Ballon d'Or yang dimenangkannya pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017.



Source : Marca.com
Penulis : Ananda Lathifah Rozalina
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan