Soal Peluang Latih Timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti Sebut Satu Nama yang Tepat Mengisi Kursi Pelatih

Sumakwan Wikie Riaja Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Pelatih timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti, tampak sedang memberikan intruksi kepada para pemainnya saat bertanding dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 9 Oktober 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASTYLO.COM - Pelatih Timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti menyebut satu nama yang menurutnya  tepat mengisi kursi kepelatihan skuad Garuda Muda.

Bima Sakti baru saja mendapati kenyataan pahit gagal membawa anak asuhnya, Timnas U-17 Indonesia ke babak utama Piala Asia U-17 2023.

Awalnya, Bima Sakti berhasil membawa Indonesia tampil gemilang di tiga pertandingan saat melawan Guam, Uni Emirat Arab dan Palestina.

Skuad Indonesia berhasil menang dengan skor telak 14-0 sata menghadapi Guam, 3-2 saat bertemu UEA dan 2-0 kala menaklukkan Palestina.

Sayang, di laga terakhir, Indonesia berakhir tumbang dengan skor telak saat menghadapi Malaysia.

Bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat pada Minggu (9/10/2022), skuad asuhan Bima Sakti ini tumbang di tangan Malaysia dengan skor 1-5.

Hasil ini membuat Indonesia gagal mendapatkan predikat gelar juara grup sekaligus kehilangan tiket babak utama Piala Asia U-17 2023.

Pasalnya, Indonesi tak berhasil lolos baik dari jalur juara grup maupun runner up terbaik.

Di persaingan runner up terbaik, Indonesia berakhir menempati posisi 7, padahal hanya 6 runner up terbaik yang berhak lolos ke babak berikutnya.

Meski gagal membawa anak asuhnya lolos babak utama Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti sebelumnya sempat berhasil mengantarkan timnya juara di Piala AFF U-16 2022.

Dengan rekam jejaknya tersebut, nama Bima Sakti pun sempat dirumorkan menjadi salah satu kandidat untuk menggantikan Shin Tae-yong menukangi Timnas U-23 Indonesia dalam kompetisi SEA Games 2023.

Baca Juga: Luis Milla Akui Tertundanya Laga Kontra Persija Jakarta Jadi Masalah Bagi Timnya, Tapi...

Sebelumnya, kursi kepelatihan Timnas U-23 Indonesia dipegang oleh Shin Tae-yong.

Namun Shin Tae-yong dikabarkan akan melepaskan jabatan pelatih Timnas U-23 Indonesia untuk sementara selama SEA Games 2023 karena jadwal yang padat dan rawan bertabrakan.

Shin Tae-yong akan lebih fokus menempa Timnas U-20 Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

“Tahun depan memang padat. Ada SEA Games Mei, kemudian Piala Dunia U20 2023," kata Mochamad Iriawan dilansir dari BolaSport.com beberapa waktu lalu.

"Pasti ada pelatih pengganti karena hanya tiga hari beda Piala Dunia (U-20) dengan SEA Games," ujar Mochamad Iriawan.

"Kami akan diskusikan dan umumkan siapa penggantinya nanti. Tentu semuanya dengan seizin pelatih kepala Shin Tae-yong," ungkapnya.

Menanggapi rumor tersebut, Bima Sakti belum memberikan jawaban pasti dan menyerahkan pada PSSI.

Namun, pelatih berusia 46 tahun ini menilai jika salah satu asisten pelatih Shin Tae-yong Nova Arianto yang lebih pantas melatih Timnas U-23 Indonesia.

"Saya kira banyak pelatih lain yang lebih siap. Namun, saya menyerahkannya kepada PSSI," tutur Bima Sakti.

"Mungkin coach Nova Arianto bisa mengisi posisi itu karena dia lebih mudah berkomunikasi dengan Shin Tae-yong," tambahnya.

Baca Juga: Jelang Laga Kontra Malaysia, Bima Sakti Kabarkan Kondisi Buruk Timnas U-17 Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : BolaSport.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan