Dituduh Berbohong Soal Lisensi, Pelatih Baru Timnas Indonesia Pernah Dapat Pujian Setinggi Langit dari Media Asing

Nina Andrianti Loasana Sabtu, 29 Desember 2018 | 21:10 WIB
Simon McMenemy, kudu cepat menyelesaikan pekerjaan rumah Bhayangkara FC. (Gonang Susatyo/BOLA)

Bolastylo.com - Meski dituduh berbohong mengenai lisensi pelatih yang ia miliki, siapa sangka pelatih baru Timnas Indonesia, Simon McMenemy pernah mendapatkan pujian setinggi langit dari media asing.

Mantan pelatih PSMS Medan, Peter Butler mengungkap menuduh pelatih baru timnas Indonesia, Simon McMenemy berbohong mengenai lisensi kepelatihan yang ia miliki.

Peter Butler menilai bahwa Simon McMemeny seharusnya tidak bisa melatih Timnas Indonesia karena tidak memiliki sertifikat pelatih UEFA Pro untuk melatih timnas.

Meskipun McMenemy terkenal saat ia menjadi pelatih timnas Filipina pada Piala AFF 2010 silam, akan tetapi Butler menyebut dia hanya bertahan selama 3 bulan sebelum akhirnya dipecat karena tidak memiliki lisensi.

Baca Juga : Usai Dikabarkan Menikah, Aura Kasih Alami Kejadian Menyakitkan yang Bisa Bahayakan Nyawa

"Dia tak ada lisensi pro, itu gila. Tak ada pengalaman pegang tim nasional, itupun tiga bulan saja pegang tim Filipina. Tiga bulan saja sebelum mereka pecat dia karena tak ada lisensi," ujar Butler melalui pesan Whatsapp, Rabu (26/12/2018).

"Ya, saya tanya Director Elite Coaching English FA kalau dia punya License Pro mereka mengatakan tak mengenal dia. Dan Ashworth, Director English FA Elite Coaching, tidak punya data dan tidak ingat bahwa Simon punya Lisensi FA," kata Butler.

“Dia mengarang prestasi dan kualifikasinya. Saya hormati pelatih Indonesia, tapi bagaimana mereka bisa menghormati pelatih tim yang lisensinya seperti itu. Ini menarik untuk disikapi. Apa dia punya kualifikasi ini? Anda harus mendukung lisensi dengan surat atau sertifikat yang jelas, FA juga bilang tidak pernah dengar nama dia (McMenemy),” ujar Butler.



Source : Kompas.com,bbc.co.uk
Penulis : Nina Andrianti Loasana
Editor : Nina Andrianti Loasana
Video Pilihan