Bahaya dari Berfikir Negatif Ternyata Bisa Rusak Fisik dan Mental

Muhammad Shofii Jumat, 15 Maret 2019 | 18:22 WIB
Singkirkan pikiran negatif agar rumah tangga harmonis ()

BolaStylo.com - Sudah bukan hal yang baru lagi jika sebagian besar penyakit bersumber pada pikiran negatif dari manusia itu sendiri.

Kita pasti sangat mudah mengkritik diri sendiri yang misalnya, melakukan aktivitas olahraga, namun mengakhirinya tidak sesuai harapan.

Pikiran seperti "mengapa kemampuan berolahraga saya sangat lambat" atau "kenapa saya sangat lemah" kerap menghantui pikiran.

Nah, berdasarkan penelitian di Universitas Exeter dan Universitas Oxford di Inggris, pola pikir ini ternyata bisa merusak kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga : Wow! Kekayaan David Beckham dan Istrinya Diprediksi Melebihi Ratu Elizabeth, Seberapa Banyak?

Peneliti mengukur detak jantung dan respons keringat setiap responden, atau seberapa banyak mereka berkeringat, sesuatu yang dipengaruhi oleh perasaan terancam atau tertekan.

Setelah itu, periset meminta mereka untuk melaporkan hal-hal seperti, kondisi perasaan, bagaimana sikap mereka terhadap diri sendiri, dan seberapa terhubung perasaan dia dengan orang lain.

Sebanyak dua dari lima kelompok kemudian menerima rekaman audio selama 11 menit yang mendorong mereka untuk mencintai diri sendiri atau berpikir positif.

Tiga kelompok yang tersisa menerima rekaman audio 11 menit yang dibuat untuk mendorong pikiran negatif mengenai diri sendiri.



Source : Kompas.com
Penulis : Muhammad Shofii
Editor : Muhammad Shofii
Video Pilihan