5 Manfaat Saffron Bagi Kesehatan Tubuh, Bumbu Dapur Paling Mahal di Dunia

Katarina Erlita candrasari Sabtu, 23 Maret 2019 | 13:38 WIB
Rempah-rempah saffron (MaxPixel's contributors)

BolaStylo.com - Saffron adalah bumbu dapur yang dibandrol dengan harga sangat mahal. Ternyata Saffron memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

Saffron berasal dari bunga Crocus Sativus yang dalam bahasa Arab disebut Zafaran, sedangkan orang Melayu menyebutnya kuma-kuma.

Setiap bunga Crocus memiliki tiga kepala putik atau biasa disebut stigma. Pada bagian tangkai yang mengubungan antara kepala putik dan bunga bagian dalam disebut Saffron Crocus.

Bagian itulah yang sering diolah untuk digunakan sebagai bumbu dapur. Sebelum dikemas atau dipakai, bagian tangkai putik biasanya dikeringkan terlebih dahulu.

Saffron banyak dijumpai di Timur Tengah dan sebagian negara Eropa yang dekat dengan Timur Tengah.

Dengan harga penjualan yang dibandrol senilai 500-5.000 dolar AS atau setara Rp7 juta hingga Rp70 juta per 1 pon (450 gram), Saffron dinobatkan sebagai bumbu dapur termahal di dunia.

Karena harganya yang mahal, Saffron punya banyak julukan yang berbeda, diantaranya: Vegetable Gold (Sayuran Emas), Gold of Dessert (Emas padang pasir), Spice King (Rajanya bumbu, Spice Queen (Ratunya bumbu), dll.

Apa saja ya manfaat saffron bagi tubuh? berikut ulasannya dilansir dari nakita.id.

1. Meningkatkan mood dan mengobati gejala depresi

Ilustrasi saffron



Source : nakita.grid.id
Penulis : Katarina Erlita candrasari
Editor : Katarina Erlita candrasari
Video Pilihan