Sering Menambah Stamina dengan Minuman Energi? Ini Bahayanya!

Fauzi Handoko Arif Minggu, 8 September 2019 | 06:30 WIB
Ilustrasi minuman energi (ooyala.com)

BolaStylo.com - Minuman energi merupakan minuman favorit untuk menambah kekuatan, namun mengundang masalah bagi kesehatan manusia.

Di Amerika Serikat, penjualan minuman energi terus meningkat dari tahun 2015 ke 2018 dengan pendapatan lebih dari 3 juta dollar atau kisaran 42 miliar rupiah.

Meski menenggak minuman energi itu dapat menyegarkan dan membuat pertahanan tubuh lebih baik, nyatanya hal itu bisa mengundang masalah kesehatan.

Dikutip BolaStylo.com dari Health, konsumsi minuman ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi menjadi tidak normal, detak jantung tidak teratur, kejang, stroke, dan serangan jantung.

Baca Juga: Flu Karena Sering Minum Es? Simak Dulu Penjelasan Berikut Ini

Sebuah studi menyebutkan bahwa anak muda yang sehat setelah mencoba minuman energi 24 ons atau satu botol dapat merusak fungsi pembuluh darah.

Pasalnya, dalam minuman energi ini mengandung kafein tinggi, serta stimulan tambahan seperti ginseng dan guarana.

Efek lain yang ditimbulkan oleh gabungan dari kafein tinggi dan ginseng atau guarana yakni dapat menutupi gejala kelelahan.

Baca Juga: Media Thailand Beberkan 4 Pemain Timnas Indonesia yang Wajib Diwaspadai

Padahal, sering menutupi kelelahan dengan meneguk minuman energi tidak baik bagi tubuh karena selalu dipaksa untuk beraktivitas.



Source : Health
Penulis : Fauzi Handoko Arif
Editor : Aziz Gancar Widyamukti
Video Pilihan