Panik Berlebihan Bisa Bikin Sistem Imunitas Melemah, Ini Penjelasannya

Eko Isdiyanto Senin, 30 Maret 2020 | 19:58 WIB
Ilustrasi karantina virus corona dan wilayah. (Freepik)

BolaStylo.com - Kepanikan di tengah pandemi virus corona memiliki dampak pada kondisi tubuh seseorang, panik berlebih bisa membuat sistem imun melemah.

Semakin hari semakin banyak orang di Indonesia yang terpapar virus corona, bahkan hingga saat ini lebih dari 1.000 masyarakat Indonesia yang dinyatakan positif.

Bertambah banyaknya pasien positif virus corona di Tanah Air ini menimbulkan kepanikan tersendiri bagi kebanyakan orang.

Hal ini disebabkan karena mudahnya penyakit tersebut menjangkit ke banyak orang, sementara hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau obat untuk mengatasinya.

Namun demikian, masyarakat luas diharapkan untuk tidak panik dalam menghadapi wabah virus yang terus menyebar luas ini.

Baca Juga: Pesan dan Harapan Bintang Persib Bandung di Tengah Pandemi COVID-19

Dilansir BolaStylo.com dari Halodoc, seseorang yang merasakan panik berlebih hingga memunculkan stres bisa menyebabkan sistem imun menjadi melemah.

Sebaliknya, salah satu cara agar bisa terhindar dari virus corona adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

Kesehatan mental sangat penting dijaga di tengah pandemi virus ini, namun berita dan informasi yang diterima setiap hari bisa jadi menimbulkan rasa takut dan panik tersendiri.

Menurut Halodoc, rasa panik tersebut bisa membuat seseorang lebih rentan terserang berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19.



Source : Halodoc.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan