Dengan Harga Terjangkau, Ikan Kembung Ternyata Miliki Manfaat Dahsyat Bagi Tubuh

Ananda Lathifah Rozalina Rabu, 19 Agustus 2020 | 13:24 WIB
Ikan kembung memiliki kandungan gizi melebihi ikan salmon. (Freepik.com)

BolaStylo.com - Ikan kembung yang berharga lebih terjangkau ketimbang salmon ternyata menyimpan manfata dahsyat bagi tubuh.

Slogan murah tapi gak murahan mungkin pas buat ikan yang satu ini.

Pasalnya, Ikan kembung yang dijual di harga kisaran 30-45 ribuan ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dahsyat dari ikan salmon yang dijual dengan harga ratusan ribu rupiah.

Ikan kembung sebenarnya masih saudara dengan ikan tengiri, tuna dan makarel, keempat ikan ini termasuk dalam keluarga ikan Scombride.

Di Indonesia, ikan kembung punya banyak nama, ada ikan pelagis, ikan lema, tatare, banyar, dan banyaran.

Ikan kembung yang banyak ditemukan di Indonesia ada tiga jenis, yaitu ikan kembung perempuan (Rastrelliger brachysomaatau), ikan kembung biasa (Rastrelliger faughni), dan ikan kembung lelaki (Rastrelliger kanagurtaatau).

Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Diah M. Utari, ikan kembung mengandung 2,6 gram omega-3.

Hal ini membuktikan jika ikan kembung memiliki kandungan omega 3 yang justru lebih banyak dari ikan salmon yang ada di angak 1,4 gram omega-3.

Untuk urusan kandungan antioksidan, daging ikan salmon memang lebih tinggi, tapi soal asam lemak tak jenuh omega-9 dan omega-3, ikan kembung lebih baik.



Source : Sajian Sedap
Penulis : Ananda Lathifah Rozalina
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan