Pesepak Bola Transgender di Argentina Ini Pecahkan Rekor Dunia

Eko Isdiyanto Kamis, 10 Desember 2020 | 11:31 WIB
Mara Gomez, pesepak bola transgender pertama yang bermain di Liga Wanita profesional Agentina. (twitter.com/PassionFootClub/status)

BolaStylo.com - Sejarah terukir di kompetisi profesional sepak bola wanita Argentina, Mara Gomez berusia 23 tahun jadi pesepak bola transgender pertama di dunia.

Mara Gomez bermain untuk Villa San Carlos yang bermain di Primera Division A atau divisi utama Liga Argentina pada Januari 2020 lalu.

Akan tetapi, sejak saat itu Mara Gomez hanya bisa berlatih dan belum dapat bermain memperkuat Villa San Carlos dalam pertandingan resmi.

Satu tahun lamanya, diskusi Mara Gomez dengan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) membuahkan hasil dan harapan untuknya bermain.

Ia dinilai memiliki keuntungan yang tidak adil sebagai transgender, padahal Gomez sudah memberi sampel darah sebagai bukti.

Baca Juga: Beragam Alasan 5 Pemain Tingalkan TC Timnas U-19 Indonesia, Dari Langgar Aturan Hingga Kejar Karier ke Eropa

Sampel darah itu berisi data bahwa kadar testoteronnya setara dengan pedoman Komite Olimpiade Internasional untuk atlet transgender.

Pekan lalu berdasar dari keputusan AFA, Gomez menjadi pemain transgender pertama di liga sepak bola profesional wanita Argentina ini.

"Setelah perjuangan hebat dan penantian lama, Mara Stefania Gomez bisa bermain dengan kami," pernyataan resmi Villa San Carlos dikutip dari ESPN.

"Ini menjadi peristiwa bersejarah dan belum pernah terjadi sebelumnya di dunia sepak bola wanita.



Source : ESPN
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan