Dari Daya Ingat Anak Sampai Keguguran, Ini Fakta dari Larangan Ibu Hamil Minum Kopi!

Reno Kusdaroji Rabu, 17 Februari 2021 | 20:00 WIB
Ilustrasi kopi (foto: freepik.com)

BolaStylo.com - Beberapa penelitian membuktikan ada hal benar dan salah terkait banyak anggapan atas dampak buruk dari ibu hamil yang minum kopi.

Selama mengandung bayi, ibu hamil biasanya disarankan untuk puasa atau sama sekali tidak minum kopi.

Pasalnya, ada beberapa anggapan yang menyatakan bahwa minum kopi bagi ibu hamil beresiko tinggi dalam mempengaruhi tingkat kecerdasan dan daya ingat calon anak.

Selain itu, ada juga yang beranggapan ibu hamil yang minum kopi dapat memicu munculnya perilaku menyimpang anak sampai hyperaktif dalam masa pertumbuhannya.

Parahnya, minum kopi bahkan dikabarkan meningkatkan resiko keguguran.

Riset di University of Rochester, New York, Amerika yang melibatkan 9000 pemindaian otak dari anak berusia 9-10 tahun mengungkap adanya gangguan perilaku anak di masa depan dari ibu hamil yang minum kopi.

"Ada perubahan yang samar, tapi nyata pada anak yang terpapar kafein dalam kandungan," kata penulis riset, John Foxe, direktur Del Monte Institute for Neuroscience.

Baca Juga: Minum Kopi Bisa Cegah Gagal Jantung? Riset Buktikan Lebih dari Itu!

"Kopi mungkin tidak membuat perbedaan signifikan dalam perilaku anak, tetapi bagi anak yang rentan, kopi mungkin membalikkan perilaku mereka melewati ambang batas," imbuhnya.



Source : kompas
Penulis : Reno Kusdaroji
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan