Lewat Media Korea Selatan, Shin Tae-yong Beberkan Sulitnya Proses Naturalisasi Pemain Eropa!

Sumakwan Wikie Riaja Minggu, 9 Januari 2022 | 14:00 WIB
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), menyalaman Irfan Jaya setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, pada Minggu (19/12/20201). ()

BolaStylo.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan sulitnya proses naturalisasi para pemain asing di media Korea.Proses naturalisasi empat pemain asing yang akan bergabung bersama Timnas Indonesia masih berjalan.Di mana keempat pemain tersebut yakni  Jordi Amat (KAS Eupen/Liga Belgia), Mees Hilgers (Twente FC/Belanda), Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles/Belanda) dan Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia).Demi mewujudkan proses naturalisasi keempat pesepak bola yang bermain di Eropa itu, PSSI sampai membentuk tim khusus.

Baca Juga: Dengar Rumor Perpisahan Praveen/Melati, Rekan Lama Ucok Merasa Mereka Seharusnya Begini

Di bawah komando Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, pihak PSSI akan membantu proses naturalisasi para pemain Eropa tersebut.Dari keempat pemain asing tersebut, Shin Tae-yong menjelaskan alasan memilih para pemain Belanda.

Shin Tae-yong di media Korea.
"Indonesia pernah dijajah Belanda, jadi banyak pemain berdarah campuran dari sana," kata Shin sebagaimana dilansir dari Bolanas."Banyak pemain bagus (keturunan Indonesia) yang berkebangsaan Belanda," tambahnya.

Baca Juga: Rahasia Shin Tae-yong Datang ke Indonesia Terbongkar, Acuhkan Kata Prestasi!

Meski tim khusus PSSI tengah berjuang untuk mengupayakan proses naturalisasi sesegera mungkin, namun ternyata ada kendala yang menghampiri.Terlebih, status para pemain tersebut di klubnya masing-masing akan berganti ke pemain asing.Hal itu sangat menyulitkan klub di mana sejatinya para pemain yang dinaturalisasi sebelumnya masiih berstatus pemain lokal."Masalahnya jika pemain campuran Belanda atau Eropa dinaturalisasi mereka akan menjadi pemain asing," ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pemain Filipina Ini Sukses Kalahkan Robert Lewandoski Raih Gol Terbaik Bundesliga!

"Mereka (klub) tadinya punya pemain asli negara tersebut, tapi tiba-tiba jadi pemain asing," lanjutnya.Alhasil, para pemain yang menjadi incaran Timnas Indonesia itu berfikir dan tidak akan mudah meinggalkan status warna negara mereka sebelumnya."Mereka juga tidak begitu saja mau menjadi WNI," imbuh pelatih asal Korea Selatan itu.Nah karena itulah, Shin Tae-yong meyakinkan bahwa masih ada para pemain lokal Indonesia yang memiliki kualitas mumpuni.

Baca Juga: Terlalu Jauh Susul Rekor Ronaldo di Real Madrid, Benzema Hanya Bilang Begini

Lebih lanjut, pemain lokal Indonesia juga bisa meraih prestasi sama seperti hadirnya para pemain asing."Saya juga berpikir orang Indonesia pasti berharap bisa meraih prestasi dengan pemain yang ada di Indonesia," tutup Shin.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : YouTube,bolanas
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Reno Kusdaroji
Video Pilihan