Sanksi Indonesia Dicabut WADA, Merah Putih Akhirnya Boleh Kembali Berkibar

Ananda Lathifah Rozalina Selasa, 18 Januari 2022 | 18:03 WIB
Momen saat bendera Indonesia tak bisa berkibar dan digantikan logo PBSI di PIala Thomas 2020 akibat sanksi WADA ((Dok. PBSI))

BolaStylo.com - Badan Anti Doping Dunia (WADA) akhirnya mencabut sanksi yang sempat dijatuhkan pada Indonesia pada tahun lalu.

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akhirnya memberikan kabar baik pada dunia olahraga Indonesia.

Kemenpora dan KOI menngabarkan jika Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah mencabut sanksi untuk Indonesia.

Kepastian tersebut didapat oleh Indonesia usai WADA mengirim surat resmi kepada LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia) terkait pencabutan sanksi tersebut mulai awal Februari mendatang.

"Berdasarkan surat resmi WADA yang dikirim Jumat terkait isu-isu terkait sanksi diberikan kepada Indonesia, mereka menyatakan bahwa per awal Februari sanksi ini akan dicabut,” ungkap Raja Sapta Oktohari, Ketua KOI yang sekaligus adalah Ketua Gugus Tugas Pembebasan Sanksi Kemenpora, Senin (17/1/2022), dikutip dari Antara.

Dengan begini, Indonesia kembali diperbolehkan mengibarkan bendera merah putih di berbagai kompetisi olahraga.

Baca Juga: Ketimbang Jauh-jauh, Malaysia Disarankan Lawan Indonesia dan 2 Tim Asia Tenggara Lain Agar Lebih Berkembang

Sebelumnya, Indonesia tidak bisa menggunakan bendera merah putih di berbagai event olahraga level internasional kecuali Olimpiade karena ketidakpatuhan LADI pada aturan regulasi doping pada Oktober 2021 silam.

Alhasil, para atlet pun hanya bisa menggunakan logo federasi masing-masing atau induk federasi ketika naik podium juara.

Selain itu, sanksi WADA membuat Indonesia dilarang menjadi tuan rumah event olahraga internasional selama sanksi masih berlaku.



Source : Kompas. TV
Penulis : Ananda Lathifah Rozalina
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan