Selain Mahal, 3 Masalah Pusingkan PT LIB Soal VAR di Liga 1 Termasuk Wasit

Eko Isdiyanto Selasa, 12 April 2022 | 09:17 WIB
Kontroversi VAR di laga Liverpool Vs Sheffield United di Anfield dalam laga pekan ke-6 Liga Inggris, Sabtu (24/10/2020). (TWITTER.COM/ANFIELDWATCH)

BolaStylo.com - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno membeberkan banyak masalah terkait rencana penerapan Video Assitant Referee (VAR) di Liga 1 2022.

Isu penggunaan VAR untuk Liga 1 2022 sepertinya memang hanya sebuah wacana setelah Sudjarno membeberkan masalah apa yang dihadapi PT LIB terkait rencana tersebut.

Meskipun kualitas kepemimpinan para wasit Liga 1 yang diragukan setelah rentetan kontroversi dari keputusan yang diambil saat memimpin pertandingan di musim lalu.

Alih-alih mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk penggunaan VAR, PT LIB sepertinya akan menggunakan opsi tambahan dua asisten wasit yang bertugas di garis gawang.

Dilansir BolaStylo.com dari BolaNas.com, Sudjarno menyebut sebenarnya kajian mengenai penggunaan VAR di Liga 1 masih terus dilakukan oleh PT LIB.

Baca Juga: Ketahuan Selingkuh saat Istri Hamil, Pemain Man United Ini Dicerai

Namun selain karena anggaran dana yang harus dikeluarkan menurutnya termasuk mahal, terdapat masalah lain yang harus benar-benar diselesaikan PT LIB sebelum menerapkan VAR.

Hal ini berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, yakni wasit itu sendiri yang harus mendapat kepelatihan hingga lisensi penggunaan VAR.

Karena itulah Sudjarno menyebut penerapan VAR di Liga 1 dalam waktu dekat mustahil dilakukan menurutnya proses yang harus dilalui tergolong rumit.



Source : BolaNas.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan