Soal Israel, Indonesia Pernah Gagal ke Piala Dunia Karena Ir Soekarno

Eko Isdiyanto Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:08 WIB
Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno. ()

BolaStylo.com - Timnas Indonesia pernah gagal ke Piala Dunia 1958 setelah sikap tegas Ir Soekarno memerintahkan skuat Garuda menolak bertanding dengan Israel.

Isu Israel dengan Indonesia kembali mencuat, seiring kemungkinan negeri Zionis itu mentas di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar tahun depan.

Hal itu memunculkan pertanyaan apakah Israel bisa tampil di Indonesia, mengingat kedua negara ini tak memiliki hubungan diplomatik.

Namun Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI menyebut jika pihaknya dan Indonesia akan mengakomodir keberadaan Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Isu sensitif ini mengembalikan memori lama saat timnas Indonesia gagal berlaga di Piala Dunia 1985 karena Israel dan presiden pertama Tanah Air, Ir Soekarno.

Baca Juga: Bisa Selancar Sepuasnya, Alasan Gelandang Klub Jerman Gabung Persija

Dalam sejarahnya, timnas Indonesia pernah menolak bertanding dengan Israel karena permintaan Ir Soekarno saat itu di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 1985 zona Asia-Afrika.

Saat itu skuat Garuda di bawah komando Antun Pogacnik yang sukses menyingkirkan China dalam fase Grup 1 zona Asia, di putaran kedua Indonesia satu grup dengan Israel, Mesir dan Sudan.

Laga dijadwalkan pada akhir Juli 1957, satu langkah yang memastikan Indonesia melenggang ke Puiala Dunia 1958 Swedia namun pada akhirnya pupus.



Source : Berbagai sumber
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan