Timnas U-19 Indonesia Bisa Menang Tanpa Marselino, Revolusi Mental Shin Tae-yong Sukses?

Eko Isdiyanto Sabtu, 9 Juli 2022 | 09:12 WIB
Gelandang timnas U-19 Indonesia, Marselino Ferdinan, sedang menguasai bola ketika bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, 6 Juli 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BolaStylo.com - Kesuksesan timnas U-19 memetik kemenangan kedua di Piala AFF U-19 2022 tak lepas dari revolusi mental Shin Tae-yong terhadap pemain, usai kehilangan Marselino Ferdinan.

Kehilangan Marselino Ferdinan di sisi laga Piala AFF U-19 2022 membuat Shin Tae-yong memutar otak mempersiapkan strategi untuk timnas U-19 Indonesia.

Marselino Ferdinan memiliki peran krusial di tubuh timnas U-19 Indonesia dan Shin Tae-yong tak mau mengambil risiko lebih saat sang pemain cedera.

Shin Tae-yong pun memutuskan untuk bisa mengubah mental anak asuhnya, bermain tanpa Marselino di sisa laga Piala AFF U-19 2022.

"Memang Marselino tidak akan bisa main lagi sampai sisa turnamen," ucap Shin Tae-yong seperti dikutip BolaStylo.com dari Kompas.com.

Baca Juga: Kabar Buruk Timnas U-19 Indonesia Usai Bantai Filipina, Shin Tae-yong Sampai Takut

"Jadi, saya berusaha mengubah mental pemain agar mereka bisa melakukan pergorbanan diri untuk tim. Itu yang ditegaskan kepada para pemain," imbuhnya.

Menariknya, kiat Shin Tae-yong mengubah tim yang terlalu mengandalkan Marselino ini terbukti berhasil saat melumat Filipina pada matchday keempat fase grup Piala AFF U-19 2022.

Skor 5-1 menutup pertandingan yang digelar pada Jumat (8/7/2022) dan menjadi langkah awal Shin Tae-yong menyatukan tim serta pemain tanpa Marselino.



Source : Kompas.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan