Piala AFF U-19 2022 - Iba dengan Nasib Indonesia, Pelatih Laos: Mereka Harusnya Lolos

Sumakwan Wikie Riaja Selasa, 12 Juli 2022 | 09:49 WIB
Pelatih timnas U-19 Laos, Hans Michael Weiss, nampak hadir dalam sesi jumpa pers di Hotel Century, Jakarta, 1 Juli 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BolaStylo.com - Pelatih Laos U-19, Hans Michael Weiss memberikan dukungan kepada Timnas U-19 Indonesia yang harus tersingkir dari ajang Piala AFF U-19 2022.Pernyataan tersebut terlontar dari Hans Michael Weiss usai Timnas U-19 Indonesia menerima nasib kurang beruntung.Di mana, pasukan Garuda muda terpaksa tersingkir dari ajang Piala AFF U-19 2022 dan hanya mampu bertahan di babak fase grup saja.

Padahal, penampilan Timnas U-19 Indonesia bisa dibilang sangat gemilang di babak penyisihan grup A.Ronaldo Kwateh dkk mengemas tiga kemenangan dan dua hasil imbang dengan raihan delapan poin.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2022 - Kejutan Laos Tanpa Cacat di Fase Grup, Pelatih Malaysia Terpukul!

Sayang, mereka (Timnas U-19 Indonesia) tersingkir setelah Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1 di partai terakhir fase grup A.Laga itu memang masih dikaitkan dengan dugaan "match fixing", dengan alasan ingin menyingkirkan Indonesia menuju babak semifinal.Alhasil, skuad asuhan Shin Tae-yong benar-benar bertahan di urutan ketiga klasemen akhir grup A.Hasil tersebut belum cukup membawa tuan rumah Piala AFF U-19 2022 ini meraih tiket babak semifinal.Hingga akhirnya, skuad Thailand dan Vietnam menjadi wakil grup A yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.Nantinya, Thailand akan berhadapan dengan pemuncak klasemen grup B Laos U-19. Sedangkan Vietnam akan bertanding melawan Malaysia U-19.Meski Indonesia tidak berhasil lolos, namun pelatih Laos U-19, Hans Michael Weiss tetap memberikan dukungan penuh kepada skuad asuhan Shin Tae-yong itu.

Baca Juga: Singapore Open 2022 - Leo/Daniel Comeback, Langsung Hadapi Wakil Tetangga!

Adapaun bentuk dukungan yang diberikan Hans Michael Weiss yakni terkait regulasi head to head yang ditetapkan federasi sepak bola dunia, FIFA."Saya sebetulnya lebih menyukai aturan lain.""Sebab, jika mereka (timnas U19 Indonesia) mencetak banyak gol, mereka seharusnya lolos," kata Hans dilansir dari Kompas.com"Di sisi lain, dengan aturan ini (head to head) mereka (timnas U19 Indonesia) jadi harus mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam.""Jadi, ini hanya masalah keberuntungan. Meski demikian, masa depan mereka (timnas U19 Indonesia) cerah," ungkapnya.Lebih lanjut, Hans Weiss melihat bahwa skuad Garuda muda pastinya merasakan kesedihan yang mendalam.Apalagi, mereka harus tersingkir dihadapan publik sendiri sebagai tuan rumah Piala AFF U-19 2022."Itu pasti sedikit menyedihkan untuk timnas U19 Indonesia (tersingkir dari Piala AFF U19 2022)," tutur Hans Weiss.Meski demikian, Hans Micahel Weiss tetap mempercayakan aturan yang sudah ditetapkan."Namun, aturan tetap aturan. Anda tidak bisa bilang itu mafia. Aturan tetaplah aturan! Mereka (timnas U19 Indonesia) tidak beruntung." pungkasnya.

Baca Juga: Singapore Open 2022 - Ironi! Para Wakil Ganda Putri Indonesia Terjebak Duel Neraka

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaStylo (@bolastylo)



Source : Kompas.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan