17 Agustus Diwarnai Momen Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Harumkan Nama Indonesia di Brasil 6 Tahun Silam

Ananda Lathifah Rozalina Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:26 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (BADMINTON INDONESIA)

BOLASTYLO.COM - Hari kemerdekaan Indonesi yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus sempat diwarnai momen mengharukan di Olimpiade pada 6 tahun silam.

Para atlet Indonesia memang kerap kali berhasil mengharumkan nama bangsa di berbagai kompetisi dunia.

Salah satunya berhasil dilakukan oleh mantan ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada Olimpiade Rio 2016 yang berlangsung di Rio de Janiero, Brasil 6 tahun silam.

Dalam kompetisi tersebut, Tontowi/Liliyana berhasil memberikan kado istimewa berupa medali emas Olimpiade tepat di hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad saat meraih medali emas Olimpiade Rio 2016

Perjalanan Tontowi/Liliyana memberikan kado istimewa bagi Indonesia kala itu bisa dibilang tak mudah.

Tontowi/harus bersaing sederet lawan-lawan kuat seperti ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, rekannya sendiri Praveen Jordan/Debby Susanto hingga wakil China, Zhang Nan/Zhao Yun Lei.

Duo asal Indonesia itu berhasil meraih kemenangan sempurna di fase grup dengan menaklukkan wakil Australia, Robin Middleton/Leanne Choo dengan skor 21-7, 21-8.

Menumbangkan ganda campuran Thailand Bodin Issara/Savitree Amitrapai dengan skor 21-11, 21-13 dan mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 21-15, 21-15.

Di babak perempat final, Tontowi/Liliyana berhasil mengalahkan rekan senegaranya sendiri, Praveen Jordan/Debby Susanto dengan skor 21-16, 21-15.

Sementara di babak semifinal, Tontowi/Liliyana berhasil menaklukkan unggulan pertama asal China, Zhang Nan/Zhao Yun Lei dengan skor 21-16, 21-15.

Di babak final, Tontowi/Liliyana kembali bertemu dengan wakil Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 21-14, 21-12 dan meraih medali emas Olimpiade.

Selain memberikan kado manis bagi Indonesia, kemenangan Tontowi/Liliyana ini juga membuat Indonesia kembali mengecap rasanya juara di Olimpiade 2008 lewat Markis Kido/Hendra Setiawan.



Source : BolaSport.com,Berbagai sumber
Penulis : Ananda Lathifah Rozalina
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan