Takut Ngopi Karena Asam Lambung Naik? Pakai Cara Ini Nggak Khawatir

Eko Isdiyanto Rabu, 17 Agustus 2022 | 23:14 WIB
Tips menggiling kopi tanpa menggunakan grinder (burakkarademir)

BOLASTYLO.COM - Mengonsumsi kopi sudah menjadi salah satu hobi menarik bagi banyak orang, tak terkecuali masyarakat Indonesia bahkan dalam kondisi kesehatan yang terancam.

Tak jarang orang dengan kesehatan yang tak memungkinkan nekat untuk mengonsumsi kopi, beragam alasannya pun jadi penyebabnya.

Meskipun kebanyakan dari mereka lebih memilih menghindari mengonsumsi kopi, asam lambung naik menjadi alasan paling umum tak mengonsumsi kopi.

Dr. Otto Lin, MD seorang ahli gastroenterologi di Virgina Mason menyebtkan bahwa kafein merupakan salah satu penyebab adanya refluks asam.

"Efek kafein pada tubuh dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan," ucap Otto Lin dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Dijuluki Ratu Buah, Manggis Punya 4 Manfaat Ajaib yang Bikin Kamu Jarang Sakit

Lantas bagaimana cara agar tetap aman setelah mengonsumsi kopi tanpa takut atau khawatir asam lambung naik? berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Batasi Asupan Kopi

Ahli medis dan dokter memberi saran untuk membatasi asupan kopi harian, penderita asam lambung direkomendasikan tidak mengonsumsi lebih dari dua cangkir.



Source : Kompas.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan