Kronologi Suporter Arema FC Merangsek ke Lapangan, Siapa Pemicunya?

Eko Isdiyanto Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:14 WIB
Suporter Arema FC, Aremania menerobos ke dalam lapangan usai Arema FC dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3 dalam laga lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ()

BOLASTYLO.COM - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta beri penjelasan pemicu suporter Arema FC merangsek ke lapangan hingga berujung ricuh.

Kekalahan Arema FC dari Persebaya Surabaya membuat 127 orang meninggal dunia dengan 180 di antaranya mengalami luka-luka.

Sebuah tragedi kelam yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) dalam lanjutan Liga 1 2022, kronologi kerusuhan diawali masuknya satu suporter tuan rumah ke lapangan.

Irjen Pol Nico Afinta selaku Kapolda Jawa Timur menjelaskan kronologi sekaligus penyebab terjadinya kerusuhan, diungkap dalam konferensi pers pada Minggu (2/10/2022) dinihari WIB.

Nico Afinta menyebutkan pemicu utama merangseknya suporter ke lapangan karena kecewa melihat Arema FC menelan kekalahan dari Persebaya Surabaya.

Baca Juga: Kerusuhan Laga Arema Vs Persebaya Menelan Banyak Korban Jiwa, PSSI Minta Maaf dan Ambil Tindakan Ini

Gengsi melihat Arema FC untuk pertama kalinya menelan kekalahan dari Persebaya di kandang sendiri, suporter pun berniat menemui para pemain dan manajemen di lapangan.

Namun upaya yang mereka lakukan justru membuat para polisi melepaskan tembakan gas air mata, hal itu disebabkan suporter mulai menyerang petugas.

"Selama pertandingan tidak ada masalah, masalah terjadi ketika usai pertandingan. Penonton kecewa melihat tim Arema FC kalah," ucap Nico Afinta.



Source : Kompas.com,BolaSport.com,Surya Malang
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan