Piala Dunia 2022 - Skandal Politik Iran Makin Mengganggu, Inggris Pun Bisa Kena Dampaknya!

Reno Kusdaroji Selasa, 25 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Timnas Iran, salah satu peserta Piala Dunia 2022 asal Asia. (FFIRI)

BOLASTYLO.COM - Skandal politik yang melibatkan negara Iran, Rusia, dan Ukraina mulai merembet ke ranah Piala Dunia 2022 hingga timnas Inggris bisa ikut kena dampaknya.

Skandal dimulai dari desakan salah satu CEO klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk yaitu Sergei Palkin yang mendesak FIFA mencoreng timnas Iran dari Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, hasil drawing menunjukkan timnas Iran menghuni grup B Piala Dunia 2022 Qatar bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Wales.

Namun, langkah timnas Iran untuk mentas di Piala Dunia terancam tercoreng akibat skandal politik negara mereka.

Di mana Iran dilaporkan terlibat dalam invasi militer Rusia ke Ukraina, sehingga FIFA mendapat banyak desakan untuk mendiskualifikasi mereka.

Termasuk salah satu di antaranya ialah dari Sergei Palkin, yang mengusulkan timnas Iran didiskualifikasi dan digantikan timnas Ukraina.

Timnas Ukraina gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Wales (0-1) di kualifikasi babak kedua Eropa.

Palkin menuding Rusia menyerang Ukraina dengan persenjataan yang dikirimkan oleh pemerintah Iran.

"Ketika para pemimpin Iran bersenang-senang menonton timnas mereka di Piala Dunia, orang-orang Ukraina akan tewas terbunuh drone dan misil dari Iran," kata Palkin.



Source : BolaSport.com
Penulis : Reno Kusdaroji
Editor : Reno Kusdaroji
Video Pilihan