Gol Sah Jepang Tuai Kontroversi Karena VAR, Begini Alasannya!

Eko Isdiyanto Jumat, 2 Desember 2022 | 06:31 WIB
Bola yang akan dioper pemain timnas Jepang, Kaoru Mitoma, telah keluar lapangan dalam laga Grup E Piala Dunia 2022 kontra timnas Spanyol di Stadion Khalifa International, Kamis (1/12/2022). (TWITTER.COM/BTSPORTFOOTBALL)

BOLASTYLO.COM - Langkah timnas Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 diiringi gol kontroversi dari VAR saat membungkam Spanyol, Jumat (2/12/2022).

Gol kontroversi yang melibatkan VAR itu muncul dalam duel Jepang melawan Spanyol pada matchday ketiga fase Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Kepastian Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 melalui gol kedua Samurai Biru yang dicetak Ao Tanaka pada menit ke-51.

Kontroversi muncul setelah dugaan bahwa sebelum bola masuk ke gawang Spanyol diduga lebih dulu keluar garis lapangan pertandingan.

Meskipun oleh VAR, bola dinyatakan tetap aktif dengan tayangan ulang memperlihatkan bagian bawah bola tampak sudah keluar garis.

Baca Juga: Venue Latihan Timnas Indonesia di Bali Dipuji Anak Didik Shin Tae-yong

Akan tetapi, bagian sisi bola lainnya masih dianggap menyentuh garis lapangan walaupun tipis dan wajar diduga sudah keluar lapangan.

FIFA pun telah merespons kejadian itu, melalui rilis resmi disebutkan bahwa gol kedua Jepang sudah ditinjau secara intens menggunakan VAR.

"Sepak bola adalah permainan tentang milimeter. Ini adalah momen proses gol kedua Jepang yang sudah ditinjau secara intens dengan VAR," tulis FIFA.



Source : Berbagai sumber
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan