Gabung Asia, Timnas Rusia Bisa Ikut Piala AFF? Untung atau Buntung!

Eko Isdiyanto Kamis, 15 Desember 2022 | 11:50 WIB
Kapten Timnas Sepak Bola Rusia, Artem Dzyuba. (TWITTER.COM/KHELNOWWF)

BOLASTYLO.COM - Rusia dan Belarusia dalam penjajakan bergabung dengan Asia menyusul pembekuan Komite Olahraga Internasional terhadap para atlet negara tersebut.

Pada 28 Februari 2022, IOC melarang atlet Rusia dan Belarusia berkompetisi di turnamen olahraga internasional Eropa.

Dasar dari larangan tersebut adalah kekhawatiran keamanan dan integritas dari kompetisi yang digelar seiring invasi Rusia ke Ukraina.

Kondisi yang membuat sebagian besar olahraga Olimpiade mengikuti jejak IOC dan memberlakukan larangan terhadap Rusia dan sekutunya.

Dilansir BolaStylo.com dari Euro Dressage, Associated Press melaporkan jika saat ini tengah dilakukan negosiasi agar Rusia dan Belarusia bergabung Asia.

Baca Juga: Antara Deshcamps dan Messi, Ada Dendam yang Belum Dituntaskan

Agar bisa kembali ke kancah turnamen internasional sebagai bagian dari Asia bukan Eropa, rencana ini merupakan inisiatif dari Olympic Council of Asia.

Dinyatakan pada KTT Olimpiade ke-11 di Laussanne, Swiss pada Jumat (9/12/2022) dengan agenda besar mengizinkan atlet Rusia dan sekutunya berkompetisi di Asia.

"Pernyataan itu tidak secara langsung membahas apakah Rusia dan Belarusia dapat mengirim tim ke Olimpiade 2024 di Paris," bunyi laporan AP.



Source : AP News
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan