Di Balik Hancurnya Ukraina, Federasi Sepak Bolanya Juga Bobrok

Eko Isdiyanto Selasa, 20 Desember 2022 | 18:00 WIB
Ilustrasi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Kontan.co.id)

BOLASTYLO.COM - Ukraina tak hanya di ambang kehancuran negaranya dalam konflik melawan Rusia, sepak bola negara ini juga sedang berada di titik nadir.

Keanggotaan FIFA dan UEFA milik Ukraina bisa ditangguhkan jika tak segera menyelesaikan kasus penggelapan dana dan pengaruh pihak ketiga federasi sepak bolanya.

Hal ini disampaikan langsung wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF), Oleg Protasov lewat unggahan akun Facebook pribadi, Senin (19/12/2022).

Unggahan itu menampilkan surat resmi dari FIFA yang ditandatangani Sekjen, Fatma Samoura dan perwakilan UEFA, Theodore Theodoridis.

"Kami mencatat dengan sangat prihatin bahwa anggota Komite Eksekutif UAF diduga ditekan untuk menandatangani permintaan untuk mengadakan pertemuan luar biasa Komite Eksekutif UAF," bunyi surat itu.

Baca Juga: Piala AFF 2022 - Peluru Anyar Indonesia Diungkit Pelatih Asing Higga Kemungkinan Soal Juara

"Dalam konteks ini, kami ingin mengingatkan UAF tentang kewajibannya untuk mengelola urusannya secara mandiri dan tanpa pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga.

"Setiap pelanggaran terhadap kewajiban ini dapat menyebabkan penangguhan keanggotaan UAF dengan FIFA dan UEFA sesuai dengan seni. 16 Statuta FIFA dan seni. 9 Statuta UEFA.

"Ke depan, kami sangat berharap situasi ini dapat diselesaikan secara damai." imbuh mereka.



Source : rt.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan