Piala AFF 2022 - Striker Vietnam Sama Bapuknya saat Jumpa Indonesia

Eko Isdiyanto Kamis, 5 Januari 2023 | 16:00 WIB
Penyerang timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. (AFF MITSUBISHI CUP 2022)

BOLASTYLO.COM - Vietnam boleh saja memiliki catatan gol yang terbilang subur saat melawan Indonesia, namun bukan berasal dari para striker andalan Park Hang-seo.

Mayoritas pemain timnas Vietnam yang berlaga di Piala AFF 2022 pernah membobol gawang timnas Indonesia, total tujuh dari 23 pemain yang dibawa Park Hang-seo saat ini.

Catatan ini menjadi bukti bahwa para pemain Vietnam memang produktif soal urusan mencetak gol ke gawang timnas Indonesia, menariknya 3 dari 10 pemain bertahan adalah kuncinya.

Para pemain bertahan Vietnam justru yang paling produktif dalam mencetak gol saat bertemu Indonesia, termasuk Duy Manh, Van Thanh dan Ngoc Hai.

Vanh Tanh dan Nguoc Hai bahkan mencetak lebih dari satu gol ke gawang timnas Indonesia, dua gol Nguoc Hai ke gawang timnas Indonesia dicetak pada Piala AFF 2014 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Harapan, Taktik, dan Antisipasi Shin Tae-yong Soal Laga Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Kemudian Vanh Tanh pada Piala AFF 2016 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022, dari 10 pemain bertahan Vietnam hanya tiga yang belum mencetak gol ke gawang Indonesia.

Catatan ini terbilang impresif, meskipun masih belum bisa membawa kemenangan bagi Vietnam atas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF.

Rekor ini bahkan sudah terjaga selama 26 tahun, dari generasi demi generasi Vietnam boleh saja tampil cemerlang di luar ajang AFF saat berjumpa Indonesia.

Sementara itu sejak 2016 tidak ada striker timnas Vietnam yang mampu membobol gawang Indonesia lebih dari dua gol.



Source : Berbagai sumber
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan