Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia dan Vietnam dalam Sebuah Paradoks

Eko Isdiyanto Kamis, 5 Januari 2023 | 18:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tampak sedang berpangku tangan saat memantau para pemainnya berlatih di Lapangan A, Senayan, Jakarta, 4 Januari 2023. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASTYLO.COM - Vietnam lebih baik dari timnas Indonesia? bisa menjadi sebuah kenyataan atau fana The Golden Star bagi sang kreator taktik, Park Hang-seo.

Vietnam boleh saja lebih diunggulkan pada semifinal Piala AFF 2022 ketimbang timnas Indonesia oleh sebagian besar penggemar sepak bola Asia Tenggara.

Namun, perlu diketahui kapan terakhir Vietnam mampu memetik kemenangan atas timnas Indonesia khususnya di ajang Piala AFF sepanjang sejarah.

Kali terakhir Vietnam bisa memetik kemenangan atas Indonesia terjadi pada edisi 1996, tepatnya dalam perebutan tempat ketiga turnamen yang saat itu masih bernama Piala Tiger.

Sejak saat itu hingga kini, terhitung sudah 25 tahun berlalu dan Vietnam masih belum bisa memetik kemenangan atas timnas Indonesia di Piala AFF.

Baca Juga: Piala AFF 2022 - Federasi Vietnam Pusing Cari Duit Buat Bayar Pelatih

Delapan kali pertemuan, lima kali berakhir imbang dan tiga di antaranya berbuah kemenangan untuk skuad Garuda, bukan hal yang bisa dibanggakan juga untuk Indonesia.

Pasalnya tim Seribu Pulau ini tercatat sudah enam kali mencapai final, namun tak satupun berbuah gelar juara untuk timnas Indonesia.

Sementara Vietnam yang belum pernah mengalahkan Indonesia justru sudah mengoleksi dua gelar juara dari ajang ini, salah satunya didapat saat Indonesia jadi tuan rumah pada 2008.



Source : bolastylo.bolasport.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan