Piala AFF 2022 - Aturan Ini Sengaja Dibuat, untuk Untungkan Vietnam?

Eko Isdiyanto Jumat, 6 Januari 2023 | 15:00 WIB
Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo (tengah), tampak sedang memantau para pemainnya berlatih di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 5 Januari 2023. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASTYLO.COM - Tak seperti kompetisi di Eropa, Piala AFF 2022 yang digelar dengan format kandang-tandang juga masih memberlakukan gol kandang-tandang.

Semifinal Piala AFF 2022 menerapkan aturan gol kandang-tandang, sesuai dengan pasal 13:4 bab sistem kompetisi untuk semifinal dan final.

Diterapkannya aturan ini tentu berdampak secara langsung terhadap para kontestan di babak semifinal Piala AFF 2022.

Khususnya bagi tim yang menjalani laga tandang pada leg pertama, Vietnam dan Thailand menjadi dua tim yang dirasa beruntung.

Kedua tim ini akan melawat lebih dulu ke markas lawan, Vietnam bertandang ke markas timnas Indonesia, sementara Thailand ke Malaysia.

Baca Juga: Piala AFF 2022 - Pemain Malaysia Sesumbar Tak Butuh Hoki Kalahkan Thailand

Berbicara soal aturan ini, AFF secara khusus menempatkan tiga syarat yang harus dipenuhi kontestan di babak ini untuk memetik kemenangan.

Di antaranya yang pertama adalah Tim mencetak agregat gol lebih banyak dari dua laga, lalu jika semifinal berakhir dengan agregat gol yang sama, aturan gol diberlakukan.

Kemudian yang terakhir jika agregat dan gol tandang sama, pertandingan dilanjutkan perpanjangan waktu (extra time) dan babak adu penalti.



Source : Kompas.com,bolastylo.bolasport.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan