Tak Melulu Lari Kenceng! STY Minta Pemain Indonesia Tiru Cara Main Lionel Messi

Eko Isdiyanto Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB
Lionel Messi mencetak 1 gol saat PSG mengalahkan Montpellier dalam laga pekan ke-21 Liga Prancis 2022-2023, Kamis (2/2/2023) (TWITTER.COM/PSG_ENGLISH)

BOLASTYLO.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyinggung cara bermain anak asuhnya yang dinilai salah kaprah dan segera meniru Lionel Messi bermain.

Ciri khas dari gaya bermain timnas Indonesia yakni dengan mengandalkan kecepatan, sesuatu yang mudah ditebak dan dimatikan oleh tim lawan.

Di balik keunggulan jika harus mengadu kecepatan satu lawan satu dan ternyata hal ini tak disukai Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia.

Layaknya petuah yang dilontarkan legenda timnas Italia, Andrea Pirlo bahwa sepak bola dimainkan dengan otak, kaki hanya sebagai alatnya.

Pemahaman cara bermain sepak bola bagi para pemain Indonesia sepertinya tidak mengalami peningkatan, hanya merebut bola, lari dan mencetak gol.

Baca Juga: Dua Pemain Bagus Asuhan Bima Sakti yang Bikin Shin Tae-yong Kepincut

Tanpa ada filosofi kuat dalam bermain, sehingga serangan-serangan seperti itu mudah diantisipasi lawan yang semakin maju kualitas bermainnya.

Terbukti sejak timnas era Alfred Riedl yang disebut skuad emas di Piala AFF 2010, hingga Piala AFF 2022 dengan generasi emas Eropa masih nihil trofi.

Kini perubahan sedikit demi sedikit dibawa pelatih asal Korea Selatan, wejangan bagi para pemain timnas U-20 Indonesia.



Source : Berbagai sumber
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan