Kronologi Penyebab Demo Besar Catalunya Hingga Buat Tokoh Sepak Bola Buka Suara

Fauzi Handoko Arif Sabtu, 19 Oktober 2019 | 16:06 WIB
Warga Catalan tuntun kemerdekaan Catalonia pada tahun 2015 di Stadion Camp Nou, Barcelona. (Olla)

BolaStylo.com - Beberapa tokoh sepak bola menyuarakan pendapatnya mengenai situasi mencekam di wilayah kota Catalunya, Spanyol.

Tokoh tersebut diantaranya Pep Guardiola, Cesc Fabregas, dan Isabel Diaz Ayuso, hingga klub Barcelona juga mengeluarkan pendapatnya tentang permasalahan di kota Catalunya.

Seluruh penduduk Catalunya atau sering disebut Catalan melakukan protes besar-besaran untuk menuntut pemerintah Spanyol membebaskan tokoh politiknya.

Menurut laporan BBC yang dillansir BolaStylo.com, kota Catalunya sebenarnya hendak memisahkan diri dari Spanyol pada jalur referendum 1 Oktober 2017.

Hasilnya dari 90 persen pemilih menyatakan setuju untuk memisahkan diri dari Spanyol dan diklaim pemilihnya hanya sekitar 43 persen dari penduduk kota Catalonia.

Baca Juga: Denmark Open 2019 - Aksi Kevin Sanjaya Kembali Pukau Penonton di Babak Perempat Final

Kemudian pada 27 Oktober, seluruh anggota parlemen di kota Catalunya mendeklarasikan kemerdekaan.

Akan tetapi, pihak Madrid ibukota Spanyol marah dan memecat seluruh para pemimpin Catalan.

Sementara itu dalam laporan New York Times pada Senin (14/10/2019), Mahkamah Agung (MA) Spanyol memvonis mantan wakil pemimpin Catalonia, Oriol Junqueras dengan 13 tahun penjara.

Kemudian MA Spanyol juga mengeluarkan surat perintah penangkapan mantan pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont yang melarikan diri ke Belgia.



Source : nytimes.com,bbc.com,Marca.com
Penulis : Fauzi Handoko Arif
Editor : Aziz Gancar Widyamukti
Video Pilihan