10 Kehebatan Minyak Kelapa Murni, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung

Aziz Gancar Widyamukti Rabu, 9 Desember 2020 | 14:45 WIB
Peneliti di Filipina mengatakan minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dapat menjadi pengobatan yang layak untuk penyakit paru-paru yang disebabkan oleh virus corona. (Thinkstock)

BolaStylo.com - Minyak kelapa atau juga dikenal sebagai mentega kelapa, adalah minyak tropis dengan banyak kegunaan untuk kesehatan.

Minyak kelapa dikembangkan sebagai produk komersial oleh pedagang di Laut Selatan dan Asia Selatan pada tahun 1860-an.

Menurut Dr. George Blackburn, seorang peneliti Harvard Medical School, "minyak kelapa memiliki efek netral pada kolesterol darah, bahkan dalam situasi di mana minyak kelapa adalah satu-satunya sumber lemak."

Ada dua jenis lemak jenuh yang perlu diketahui, yakni MFCA (Asam Lemak Rantai Menengah) dan LCFA (Asam Lemak Rantai Panjang).

Baca Juga: Jantung Sering Berdebar saat Tidur? Begini Penyebab dan Cara Atasinya!

Perbedaan antara kedua jenis tersebut adalah MCFA tidak meningkatkan kolesterol sedangkan LCFA meningkatkan kolesterol.

Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari MCFA, sehingga tidak meningkatkan kolesterol darah dan juga tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hal ini berbeda dengan lemak hewani, yang terdiri dari LCFA dan dengan demikian berpotensi untuk meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Serangan Jantung saat Olahraga, Kenapa Bisa Terjadi? Ini Kata Dokter

Dalam studi terkait, baik minyak kelapa segar maupun minyak mentah, diperoleh hasil bahwa minyak kelapa mentah bersifat netral dan tidak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.



Source : berbagai sumber
Penulis : Aziz Gancar Widyamukti
Editor : Aziz Gancar Widyamukti
Video Pilihan