Covid-19 Tantangan Besar Bagi Iptek, Indonesia Punya Rencana Terstruktur Pulihkan Ekonomi 2021

Reno Kusdaroji Selasa, 19 Januari 2021 | 19:45 WIB
Para peserta diskusi 11th Kompas100 CEO Forum bertema (Kompas Gramedia)

BolaStylo.com - Acara 11th Kompas100 CEO Forum hadirkan pakar kesehatan dan wakil pemerintah untuk membahas tantangan besar covid-19 dan pemulihan ekonomi di Indonesia 2021.

Pada pra-acara 11th Kompas100 CEO Forum (19/1/2021) terdapat pembahasan menarik terkait kolaborasi pemerintah dan perusahaan untuk menanggulangi dampak pandemi covid-19.

Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, dan Guru Besar UI menjelaskan terkait rencana terstruktur pemulihan ekonomi Indonesia tahun 2021 melawan pandemi covid-19.

Sementara itu, Guru Besar UI dan Mantan Kepala Badan Litbang Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama menjelaskan pandemi covid-19 menjadi tantangan besar bagi ilmu pengetahuan.

Dari hasil acara ini, dapat diketahui bahwa Indonesia diprediksi akan memiliki grafik pertumbuhan ekonomi yang positif (meningkat) pada tahun 2021.

Hal tersebut didasarkan pada rencana terstruktur yang telah dipaparkan oleh Menteri Airlangga Hartanto, di mana dalam hal ini berkaitan erat dengan penanggulangan covid-19.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan Pepaya Muda

Terkait penanggulangan covid-19, pemulihan ekonomi Indonesia akan didukung faktor percepatan distribusi vaksin dan kebijakan kesehatan yang komprehensif.

Selain itu, Guru Besar Tjandra Yoga Aditama menjelaskan terkait penanggulangan pandemi covid-19 melalui ilmu pengetahuan.

Pada dasarnya, setiap penyakit dan virus (termasuk covid-19) memiliki sejarah panjang untuk diketahui gejala, penyebab, kasus, sampai obat dan vaksin.

Mengingat usia virus covid-19 jauh lebih muda daripada yang lain dan terjadi cepat di awal tahun 2020, pandemi ini menjadi tantangan besar bagi Ilmu Pengetahuan.

Ilmu pengetahuan membutuhkan waktu untuk memahami covid-19 dengan jelas.

Baca Juga: Seorang Nakes Nekat Rusak 500 Vaksin Covid-19, Alasannya Bikin Kaget



Source : kompas
Penulis : Reno Kusdaroji
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan