Jelang Olimpiade 2020 - Rexy Mainaky & Susi Susanti Ungkap Pengalaman Berharganya!

Sumakwan Wikie Riaja Rabu, 21 Juli 2021 | 08:50 WIB
Rexy Mainaky saat menghadiri acara diskusi olahraga nasional 2014 di jakarta. ()

BolaStylo.com - Legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky dan Susi Susanti menceritakan pengalaman berharga mereka ketika mengikuti Olimpiade dan menjadi penyumbang emas bagi Indonesia.

Susi Susanti adalah peraih emas pertama Indonesia pada sektor bulutangkis di ajang Olimpiade Barcelona 1992 dan menjadi salah satu pebulutangkis tunggal putri yang kerap mengharumkan nama negara Indonesia.

Adapun medali emas yang diraih Susy Susanti kala itu diperoleh atas kemenangan melawan wakil Korea Selatan, Bang Soo-hyun pada laga final.

Baca Juga: Waduh! MotoGP Thailand Terancam Batal Digelar, Ini Alasannya

Sementara itu, Rexy Mainaky yang bermain pada sektor Ganda Putra bersama Ricky Subagja juga meraih emas untuk Indonesia pada Olimpiade Atlanta 1996.

Sama seperti Susi, Rexy juga kerap menjadi salah satu pebulutangkis Ganda Putra bersama pasangannya Ricky yang mengharumkan nama Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, kedua pebulutangkis itu mengungkapkan bahwa Olimpiade merupakan kejuaraan individu yang paling berharga untuk mengangkat nama negara semakin dikenal dunia.

"Olimpiade menjadi impian seluruh atlet. Bagaimana dari sana seorang atlet bisa melihat tolok ukur dia," kata Rexy kepada Kompas.com

Baca Juga: Insiden Kemarahan Ayah Ratu Bulu Tangkis Dunia Berujung Permintaan Maaf Presiden TaiwanDirinya juga menjelaskan jika saat lagu kebangsaan dikumandangkan itu berarti ada kebanggan bagi diri sendiri maupun untuk negara.

"Olimpiade memang sangat berarti. Contohnya begini, seandainya turnamen badminton hanya Indonesia Open, lalu kami juara dan lagu Indonesia Raya berkumandang, hanya fans bulu tangkis yang tahu,""Namun, saat kita bisa mengumandangkan Indonesia Raya di Olimpiade, itu sesuatu yang dilihat seluruh dunia," ucap Rexy.Tak hanya itu saja, Rexy mengungkapkan bahwa Olimpiade akan selalu dikenang di hati seluruh masyarakat berserta dengan medali emasnya.



Source : Kompas.com
Penulis : Sumakwan Wikie Riaja
Editor : Rara Ayu Sekar Langit
Video Pilihan