Ini Alasan WADA Larang Indonesia Kibarkan Bendera Merah Putih

Ananda Lathifah Rozalina Sabtu, 9 Oktober 2021 | 07:09 WIB
ilustrasi bendera Indonesia dikibarkan di kompetisi olahraga (youtube.com/Sport SIngapore)

BolaStylo.com - Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menjatuhkan sanksi berat pada Indonesia yang membuat bendera merah putih tak bisa berkibar di berbagai kompetisi.

Sebuah kabar buruk datang ke dunia olahraga Indonesia baru-baru ini.

Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan sanksi berat dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) per Kamis (7/10/2021). 

Sanksi tersebut berupa pencabutan hak Indonesia menjadi tuan rumah di berbagai kejuaraan atau turnamen olahraga level regional, kontinental dan dunia selama masa penangguhan.

Perwakilan LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia) juga dinilai tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite sampai satus sanksi mereka dipulihkan atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun.

Tak hanya itu, Indonesia juga dilarang mengibarkan bendera merah putih di kompetisi olahraga manapun kecuali ajang Olimpiade.

Sanki berat ini dijatuhkan karena WADA menilai jika Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) tidak patuh dalam menerapkan aturan sesuai standar mereka.

Dilansir dari Bolasport.com yang mengutip Reuters, WADA menyatakan Indonesia tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif kepada setiap atlet di seluruh cabang olahraga.



Source : BolaSport.com
Penulis : Ananda Lathifah Rozalina
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan