Setelah Diselidiki 3,5 Tahun, 2 Rival Marcus/Kevin Terbukti Main Sabun dan Berakhir Dihukum BWF

Ananda Lathifah Rozalina Sabtu, 26 Maret 2022 | 07:19 WIB
Senyum juara Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama runner-up He Jiting/Tan Qiang (C (BADMINTON INDONESIA)

BolaStylo.com - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya menjatuhkan hukuman untuk dua ganda putra China yang terbukti melakukan kecurangan.

Setelah penyelidikan sekitar 3,5 tahun, BWF akhirnya memastikan dua ganda putra China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen dan He Ji Ting/Tan Qiang terbukti main sabun pada turnamen China Open 2018 silan.

Pelanggaran kode etik ini terjadi saat He/Tan mengalahkan Li/Liu pada babak perempat final.

Kala itu, He/Tan menaklukkan Li/Liu yang lebih diunggulkan dengan skor 21-15, 14-21, 19-21.

Jika hanya menilik dari skor pertandingan, Li/Liu dan He/Tan seperti sudah bekerja keras dan serius bermain karena mereka bermain hingga tiga gim.

Tapi, ternyata banyak kejanggalan yang ditemui di lapangan pertandingan.

Bahkan, wasit yang merasakan kejanggalan itu sampai masuk ke lapangan dalam pertengahan gim untuk memperingkatkan kedua pasangan agar bermain lebih serius.

Baca Juga: Rekap Hasil Swiss Open 2022 - Malaysia Nodai Kemenangan Sempurna Indonesia, Ini 5 Wakil yang Lolos ke Semifinal!

Tak cuma wasit, tunggal putra Denmark, Hans-Kristian Vittinghus juga merasa ada yang aneh dalam pertarungan dua ganda putra China itu.

Vittinghus menyoroti kemenangan He/Tan di gim pertama yang hanya terjadi dalam waktu singkat 9 menit saja.



Source : BolaSport.com
Penulis : Ananda Lathifah Rozalina
Editor : Ananda Lathifah Rozalina
Video Pilihan