Kondang Sebagai Alternatif Kesehatan, Habbatussauda Juga Punya Efek Mengerikan Ini

Eko Isdiyanto Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:12 WIB
Manfaat habbatussauda untuk kulit. (SHUTTERSTOCK)

BOLASTYLO.COM - Selain menyehatkan, Habbatussauda atau juga dikenal dengan jintan hitam atau black seed memiliki beberapa efek samping berbahaya.

Jintan hitam atau terkenal dengan sebutan habbatussauda merupakan jenis tanaman semak yang menghasilkan buah beserta biji hitam kecil.

Selain habbatussauda, jintan hitam juga terkenal dengan nama lain seperti nigella, bunga adas hingga ketumbar romawi, sama seperti manfaat yang dimiliki.

Minyak jintan hitam dihasilkan dari biji N. sativa dan sudah digunakan dalam pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun.

Termasuk pengobatan untuk asma dan membantu penurunan berat badan, selain itu habbatussauda juga bermanfaat ketika dioleskan pada kulit dan rambut.

Baca Juga: Asam Lambung Kamu Kambuh? Konsumsi 4 Makanan Ini Bisa Jadi Pertolongan Pertama

Salah satu komponen utama bahan obat ini adlaah thymoquinone, senyawa dengan sifat antioksidan dan banyak bukti ilmiah yang mendukung beberapa manfaat kesehatan.

Meski begitu ada efek samping dari habbatussauda yang harus diperhatikan dan perlu diwaspadai, akan ada reaksi yang muncul setelah mengonsumsi minuman habbatussauda.

Dilansir BolaStylo.com dari Kompas.com, jiak reaksinya berlebihan maka disarankan agar konsumsi tanaman herbal ini dihentikkan dan mengikuti anjuran dokter.



Source : Kompas.com
Penulis : Eko Isdiyanto
Editor : Eko Isdiyanto
Video Pilihan