Berenang Memiliki Efek Positif Kurangi Gejala Depresi dan Cemas

Aziz gancar Widyamukti Senin, 15 Oktober 2018 | 15:08 WIB
Atasi Depresi dengan Berenang dan Mandi Air Dingin (health. harvard .edu)

BolaStylo.com - Manfaat berenang secara teratur bukan hanya terlihat secara fisik namun juga menimbulkan dampak tersendiri bagi kesehatan mental.

Berenang tentunya sudah jelas memiliki manfaat untuk fisik manusia, terutama untuk menguatkan oto dan membuat postur tubuh lebih tegak.

Selain untuk melatih fisik, ada manfaat dari berenang yang belum banyak diketahui orang-orang.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa berenang secara teratur ternyata dapat membantu mengurangi gejala cemas atau depresi.

Yayasan Kesehatan Mental di Inggris menyatakan bahwa gejala cemas atau depresi ternyata telah mempengaruhi jutaan orang di Inggris, dengan sekitar seperlima orang dewas di Negeri Ratu Elizabeth II itu.

Baca Juga : 5 Dampak yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kamu Kekurangan Tidur

Meskipun ada berbagai macam cara dan metode yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala cemas atau depresi seperti berkonsultasi dengan psikolog, minum obat atau mengikuti diet tertentu, ternyata berenang secara teratur juga memiliki manfaat dalam jangka panjang.

Menurut YouGov, kepala ASosiasi Renang AMatir Inggris, Swim England, 1,4 juta orang dewasa di Inggris telah mengetahui bahwa berenang memiliki efek positif pada masalah kecemasan atau depresi yang mereka alami.

Selain itu, hampir setengah juta orang dewasa Inggris yang berenang dan memiliki masalah kesehatan mental telah menyatakan bahwa berenang secara rutin dapat membuat mereka lebih baik dan jarang mengunjungi psikolog.



Source : theindependent.co.uk
Penulis : Aziz gancar Widyamukti
Editor : Muhammad Shofii
Video Pilihan