COVID-19 - Inilah Makna Lockdown di Sejumlah Negara

Taufik Batubara Kamis, 19 Maret 2020 | 18:04 WIB
Sejumlah tenaga media di Wuhan, Hubei, berpose dengan membentangkan bendera China di sebuah tempat perawatan yang sudah tanpa pasien Covid-19. (THESTAR.COM.MY)

BolaStylo.com - Dalam beberapa hari terakhir, lockdown untuk mengekang penyebaran Covid-19 menjadi pro-kontra di Indonesia.

Sejumlah kota atau negara di beberapa belahan dunia telah memberlakukan lockdown dan masih berlangsung sampai kini.

Apa sebenarnya makna penguncian wilayah itu di sejumlah belahan dunia?

Mengutip The Guardian, BolaStylo.com ingin berbagi informasi kepada pembaca tentang lockdown, berdasarkan pengalaman sejumlah kota atau negara yang menjalankannya.

Ketika China mengumumkan rencana untuk mengunci (lockdown) Wuhan dan sebagian besar Provinsi Hubei di sekitarnya, kabar itu disambut dengan takjub di seluruh dunia.

Baca Juga:

Para ahli memperingatkan bahwa itu adalah upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berisiko untuk mengendalikan virus yang mungkin tak berfungsi.

Hampir dua bulan kemudian, dengan jumlah harian kasus baru di China turun menjadi satu digit minggu lalu, Wuhan mulai muncul dari dua bulan isolasi.

Dan, pendekatan ini telah menjadi model bagi negara-negara lain dengan wabah yang merebak di luar kontrol.

Sekarang ada spekulasi bahwa pemerintah Inggris sedang bersiap untuk mengimplementasikan sesuatu yang serupa di London, pusat penyebaran virus corona di negeri kompetisi sepak bola paling populer, Premier League, itu.



Source : Theguardian.com
Penulis : Taufik Batubara
Editor : Taufik Batubara
Video Pilihan